Parpol Di Kota Serang Harus Patuhi Perda K3 Pemasangan Spanduk

SINARBANTEN.COM, Serang – Mendekati pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kota Serang, sudah banyak terpasang spanduk dan baliho di berbagai tempat dari partai politik dan bakal calon kepala.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang meminta partai politik (parpol) dan bakal calon kepala daerah mematuhi Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3) saat pemasangan spanduk dan baliho.

“Saya lihat sudah banyak spanduk dan baliho terpasang di sejumlah fasilitas umum di Kota Serang, meski belum memasuki tahapan kampanye,” kata Sekda Kota Serang, Nanang Saefudin saat jumpa pers, Jumat (21/6/2024).

Menurut Nanang, pemasangan spanduk tersebut melanggar Perda tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Adapun jenis pelanggaran pemasangan reklame seperti ditempel di tiang listrik, pohon, dinding perkantoran dan di jalan protokol Kota Serang.

“Kami minta parpol maupun bakal calon kepala daerah urus izin dan bayar retribusi. Selain itu, pasang lah dengan tertib dan tidak mengganggu ketertiban umum, keindahan kota serta memenuhi ketentuan yang berlaku,” ungkapnya..

Dalam waktu dekat, kata Nanang, penertiban baliho dan spanduk akan dilakukan dengan didampingi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Serang.

“Satpol PP akan melakukan penertiban spanduk dan baliho didampingi oleh Bawaslu selaku pengawas yang berwenang. Sehingga kegiatan Pilkada di Kota Serang dapat berjalan dengan baik dan partisipasi memilih masyarakat juga terus meningkat. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏