Ternyata Di Kota Serang Banten, Ada 4 Universitas Negeri

SINARBANTEN.COM, Serang – Meskipun tergolong provinsi paling muda di Indonesia, ternyata di ibu kota Provinsi Banten yaitu Serang terdapat 4 universitas atau perguruan tinggi negeri. Keempat kampus negeri tersebut terdiri dari tiga universitas, dan satu Politeknik.

Melalui penelusuran Sinar Banten, berikut 4 universitas negeri di Serang Banten :

  1. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

UIN Sultan Maulana Hasanuddin atau UIN SMH Banten adalah Universitas Islam Negeri di Kota Serang, Provinsi Banten. Kampus ini menjadi pilihan utama pelajar lulusan Pesantren, atau MA di Banten.

Kampus utamanya berada di kawasan KP3B (Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten) Palima, Serang. Memiliki 6 Fakultas dengan 23 pilihan program studi keislaman, dengan menawarkan jenjang pendidikan Strata 1, Magister hingga Doktor.

  1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau Untirta adalah perguruan tinggi negeri terbesar di Provinsi Banten.

Memiliki 8 fakultas dengan pilihan 58 program studi, tersedia jenjang pendidikan mulai dari Strata 1, Magister hingga Doktor.

Kampus utama Untirta berada di Sindang Sari, Pabuaran, Kabupaten Serang. Kampus lama yang terletak di Pakupatan diperuntukan bagi jenjang Magister dan Doktor.

Sedangkan kampus Fakultas Teknik berada di Kota Cilegon dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Ciwaru, Kota Serang.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Serang

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah sebuah perguruan tinggi negeri, yang kampus utamanya berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat.

Namun UPI menawarkan pilihan program studi di luar wilayah kampus utama, salah satunya di Kota Serang yaitu terletak di Ciracas, Serang, dengan menyedikan fasilitas terbaik.

UPI Serang memiliki 5 program studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru PAUD (PG PAUD), Pendidikan Kelutan Perikanan (PKP), Sisitem Informasi Kelautan (SIK) dan Logistik Keluatan (LK).

  1. Poltekkes Kemenkes Banten

Poltekkes Kemenkes Banten merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kemenkes RI.

Kampus utama Poltekkes Kemenkes Banten terletak di Neglasari, Kota Tangerang.

Kampus ini menawarkan 3 program studi, yaitu Keperawatan, Kebidanan, dan Teknologi Laboratorium Medis.*[ Redaksi SB ] 🙏🙏