Jumlah Pengangguran Di Banten Tertinggi se-Indonesia

SINARBANTEN.COM, Serang – Merujuk pada Data Badan Pusat Statistik (BPS) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Februari 2024 di Banten menembus 7,02% atau mencapai 424,69 ribu orang per Februari 2024. Jumlah tersebut sebenarnya turun 61.666 orang dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jumlah tersebut jauh di atas angka nasional yakni 4,82% per akhir Februari 2024. Angka tersebut menjadi yang tertinggi dibandingkan seluruh provinsi di Indonesia.

Merujuk data BPS dalam 12 tahun terakhir, tingkat pengangguran di Banten selalu lebih tinggi dibandingkan nasional.

Kabupaten/kota yang menjadi kantong pengangguran terbesar adalah Kabupaten Tangerang diikuti dengan Kota Tangerang dan Kabupaten Serang.

Sementara itu, dilihat dari sektor usaha, hanya dua sektor yang mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar yakni industri pengolahan dan perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor.

Dua setor tersebut menyerap tenaga kerja sebanyak 2,25 juta atau 40% dari total angkatan kerja per akhir Februari 2024. Tingginya pengangguran di Banten menjadi ironi karena wilayah tersebut memiliki banyak kawasan industri. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏