262 Rumah Di Lebak Terendam Akibat Luapan Sungai Cisangu

SINARBANTEN.COM, Lebak – Akibat meluapnya air sungai Cisangu, Jumat (19/4/2024) pemukiman di lima desa di Kecamatan Warunggunung dan Cibadak Kabupaten Lebak, Provinsi Banten terendam banjir dengan ketinggian 30-80 sentimeter. Adapun jumlah rumah yang terendam banjir sebanyak 262 rumah berada di desa Cimenteng Jaya, Cisangu, Pasar Keong, Banjar Sari dan Cempaka.

“Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Pandeglang, hulu sungai Cisangu berada. Selain sungai, Situ Cilembun yang berada di aliran sungai Cisangu juga meluap dan merendam pemukiman rumah warga di sekitarnya,” kata Kepala Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama, di Kantor BPBD Lebak, Rangkasbitung, sebagaimana dikutip dari laman kompas.com, Jumat (19/4/2024).

Menurut Febby, luapan air mulai terjadi pada Jumat dini hari, dan hingga siang ini sebagian besar sudah surut.

“Tapi ada beberapa titik yang masih terendam seperti di Kampung Bueuk, Desa Cisangu, Cibadak,” kata Febby.

Febby mengatakan pemukiman yang terdampak banjir merupakan wilayah yang kerap kebanjiran saat Sungai Cisangu Meluap. Namun, kata Febby, banjir kali ini merupakan yang terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Karena hal tersebut, hari ini kita lakukan penyusuran sungai untuk mengetahui penyebab banjir tersebut, diduga karena pendangkalan sungai,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏