Pemprov Banten Akan Bangun Layanan BRT Trans Banten Rute Cilegon-Cikande

SINARBANTEN.COM, Serang – Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi Banten berencana membangun layanan bus rapid transit atau BRT Trans Banten. Rencananya, koridor BRT trans Banten terdiri dari 3 koridor.

Koridor pertama mengambil rute dari Perumahan Cilegon Indah (PCI), Kota Cilegon melalui Kota Serang hingga ke Cikande, Kabupaten Serang.

Koridor kedua dari depan Perumahan Alamanda Trondol, Kota Serang, melalui Jalan Syekh Nawawi Al Bantani ke depan Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang.

Koridor ketiga dari Kawasan Banten Lama, Kota Serang melalui jalan Lingkar Selatan Ciracas, ke Baros, Kabupaten Serang.

“Pembangunan BRT Trans Banten sudah direncanakan sejak tahun 2020. Dishub Banten sudah melakukan studi tiru pada BRT trans Jawa Tengah pada awal tahun 2023. Bahkan Dishub Banten juga telah menyelesaikan kajian teknis terkait pembangunan BRT trans Banten. Kebutuhan anggaran masih kita bahas tahun ini,” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tri Nurtopo zkepada wartawan di KP3B Kota Serang, Sabtu (10/2/2024).

Tri menjelaskan, BRT trans Banten tersebut dibangun di satu kawasan aglomerasi, yakni Kota Cilegon, Kota Serang dan Kabupaten Serang.

Menurut Tri, setelah BRT trans Banten terbangun pihaknya akan mengoperasikan bus kecil sebagai percobaan.

“Nanti jika penumpang sudah ramai baru yang besar. Penumpang kita kasih subsidi, ada pendapatan juga buat kita karena menggunakan (pembayaran) cashless,” ujarnya.

Kendati demikian, Tri belum bisa memastikan apakah BRT trans Banten dapat tergbangun di tahun 2024 karena masih perlu melakukan kajian dan butuh kesiapan anggaran yang besar. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏