Pemkot Cilegon Putuskan Kerjasama Pembuangan Sampah Dengan Pemkab Serang

SINARBANTEN.COM, Cilegon – Akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mengeluarkan Keputusan Nomor Surat : 660.1/058/Sekret Tanggal 12 Januari 2024 perihal Penghentian Pembuangan Sampah dari Kabupaten Serang.

Ini artinya, Pemkot Cilegon sudah resmi memutus kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terkait sampah rumah tangga yang dibuang ke ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung.

“Penghentian sampah dari Kabupaten Serang sudah dilakukan sejak 19 Januari 2024 lalu. Ada beberapa alasan Pemkot Cilegon mengambil langkah penyetopan tersebut. Yakni, masih dibahasnya peraturan walikota terkait pelaksanan BLUD. Jadi, sejak 19 Januari 2024 hingga Febuari sudah tidak ada kiriman sampah milik Kabupaten Serang ke TPSA Bagendung,” jelas Kepala DLH Kota Cilegon, Sabri Mahyudin, Sabtu (10/2/2024).

Sampai saat ini, kata Sabri, kami tengah menggodok 6 perwal (Peraturan Walikota) tentang pelaksanaan BLUD. Keenam Perwal ini diantaranya, Perwal kerja sama dan Perwal Tata Kelola Keuangan.

“Alasan lain disetopnya sampah dari luar daerah itu juga karena adanya permintaan dari masyarakat sekitar TPSA terkait dengan Kompensasi Dampak Negatif (KDN) sekira 5 persen dari jumlah retribusi yang nanti akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS), ” ungkap Sabri. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏