Pemenang Ajang Pemilihan Putri Indonesia 2023 Diraih Putri Dari Jawa Barat

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Farhana Nariswari dari Jawa Barat terpilih sebagai Putri Indonesia 2023. Alumni Fakultas kedokteran Unpad itu menyingkirkan 44 finalis Putri Indonesia yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (19/5/2023) malam.

Dari 45 nama peserta kontes Putri Indonesia, yang mewakili Jawa Barat terpilih dua orang yakni Farhana Nariswari Wisandana (26 tahun) sebagai Jawa Barat 1. Lalu Salma Maulina Wijaya (22 tahun) Jawa Barat 2.

Dalam ajang pemilihan Putri Indonesia 2023 ada beberapa provinsi yang meloloskan dua orang wakilnya. Selain Jawa Barat, ada juga dari provinsi Aceh, Bangka Belitung, Yogyakarta, Sulawesi Barat, Papua Barat, bahkan provinsi DKI Jakarta menempatkan enam orang wakilnya.

Dewan juri lalu menyeleksi para peserta menjadi 45 finalis secara ketat melalui sejumlah kriteria sejak awal audisi, pra karantina, dan karantina beberapa bulan. Di malam final, ke-45 finalis dari 34 provinsi disaring lagi menjadi 15 besar, enam besar, dan tiga besar.

Dari tiga besar kemudian terpilih Farhana Nariswari (Jawa Barat) sebagai Putri Indonesia 2023. Yasinta Aurellia (Jawa Timur) sebagai runner up I dan Puteri Indonesia Lingkungan, dan Lulu Zaharina Krisna (Lampung) sebagai runner up II Putri Indonesia Pariwisata

Farhana Nareswari Wisandana, nama lengkapnya merupakan perempuan kelahiran Bandung, 28 Mei 1996. Farhana merupakan sarjana lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sebelum terpilih menjadi Puteri Indonesia 2023, Farhana pernah meraih gelar pemenang Mojang Jajaka Kota Bandung 2019. Ia juga menempati posisi 1st Runner Up Puteri Indonesia Jawa Barat 2022.

Farhana pernah menjadi Delegation of the International Federation of Medical Students Association in the United Nations Commission on Population and Development, New York 2019. Pernah juga jadi 1st Winner Putra Putri Padjadjaran/Universitas Padjadjaran Student Ambassador 2018

Di malam puncak pemilihan Farhana berdiri dengan Yasinta Aurellia dari Jawa Timur dan Lulu Zaharina Krisna wakil Lampung. Mereka mendapat pertanyaan yang sama dari Ketua Dewan Penasihat Yayasan Putri Indonesia (YPI), Putri Kuswisnu Wardani.

Pertanyaan itu adalah Apakah berbuat baik dan berbuat benar itu sama? Jawaban Farhana Nariswari dianggap yang paling mengena jawabannya.

“Menurut saya melakukan sesuatu yang baik dan melakukan sesuatu yang benar adalah dua hal yang berbeda. Berbuat benar belum tentu baik, sedang berbuat baik sudah pasti benar karena dilandasi hati nurani dan adab,” katanya.

Farhana pun kini menjadi Putri Indonesia ke-26 sejak ajang pemilihan Putri Indonesia dilakukan. Nama-nama besar seperti Venna Melinda, Alya Rohali hingga Angelina Sondakh adalah para mantan alumni Putri Indonesia. *[ Redaksi SB ]🙏🙏