Wow, Masuk Tol di Austria Cukup Tempel Stiker

SINARBANTEN.COM, Austria – Hingga kini sistem pembayaran jalan tol di Indonesia masih menggunakan sistem pembayaran non tunai dengan uang elektronik atau e-Money.

Di Austria, sama halnya dengan beberapa negara lain di Eropa, pengguna jalan tol wajib menempelkan Vignette Austria Motorway Toll Sticker di kendaraannya.

The Official Travel Portal Austria menyebutkan stiker Vignette ini berlaku untuk berbagai kendaraan yang melintas di jalan tol atau Autobahn maupun di expressways atau S roads.

“Semua kendaraan dengan berat maksimum hingga 3,5 ton (misalnya sepeda motor, mobil) memerlukan apa yang disebut stiker tol vignette untuk bepergian di jalan raya dan jalan bebas hambatan Austria,” tulis mereka.

Namun untuk sepeda motor, bahkan yang menggunakan sespan, ada vignette khusus yang harganya lebih murah.

“Sepeda motor dengan sespan hanya membutuhkan stiker tol vignette untuk kendaraan roda dua. Namun mereka yang memiliki dua roda di salah satu asnya (misalnya sepeda roda tiga) memerlukan stiker tol vignette yang sama dengan mobil,” lanjut mereka.

Berbeda dengan Swiss yang stiker tol vignette-nya berlaku dan hanya tersedia dalam pilihan satu tahun, vignette tol di Austria tersedia dalam beberapa pilihan, yakni 10 hari, 2 bulan, dan satu tahun.

Harga stiker tol vignette Austria untuk mobil, truk dengan berat maksimum 3,5 ton, dan camper van mulai dari Rp 162 ribuan (9,9 euro) untuk 10 hari, Rp 475 ribuan (29 euro) untuk 2 bulan, dan Rp 1,579 jutaan (96,4 euro) untuk satu tahun.

Sementara harga stiker tol vignette Austria untuk motor dan motor dengan sespan mulai dari Rp 95 ribuan (5,8 euro) untuk 10 hari, Rp 237 ribuan (14,5 euro) untuk 2 bulan, dan Rp 625 ribuan (38,2 euro) untuk satu tahun.

Ada beberapa tempat yang menjual stiker tol vignette Austria. Lokasi penjualannya pun tersebar mulai dari SPBU di rest area dekat perbatasan, mini market di dekat perbatasan, hingga beberapa toko khusus di kota-kota besar di luar Austria. *[ Redaksi SB ]🙏🙏