Jepang Berhasil Kalahkan Spanyol 2-1

SINARBANTEN.COM, Serang – Dalam pertandingan terakhir di Grup E yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat (2/12/2022) dini hari ini, Jepang berhasil mengalahkan Spanyol 2-1.

Selain itu, Jepang juga berhasil menumbangkan juara dunia empat kali Jerman pada laga pertama Grup E. Bukan itu saja dua pemain yang memasukkan gol ke gawang Spanyol adalah juga dua pemain yang melesakkan gol ke gawang Jerman.

Hasil itu juga kembali membuat Jepang mengejutkan semua orang karena finis urutan teratas dalam grup neraka yang dihuni dua mantan juara dunia, Spanyol dan Jerman.

Kemenangan tersebut juga mengusir Jerman lebih awal dari Piala Dunia seperti terjadi dalam edisi empat tahun lalu di Rusia.

Jadi Jepang akan menantang Kroasia dalam babak 16 besar, sedangkan Spanyol menghadapi Maroko.

Selama beberapa menit yang mendebarkan Spanyol sepertinya sudah siap keluar ketika Kosta Rika sempat mengungguli Jerman dalam pertandingan Grup E lainnya.

Namun juara dunia edisi 2010 itu lolos dari kegelisahan setelah Jerman balik mengalahkan Los Ticos setelah sempat tertinggal 1-2 untuk berbalik menjadi 4-2.

Spanyol dan Jerman masing-masing mengumpulkan empat poin sampai laga terakhir ini, tetapi La Roja yang berhak ke 16 besar karena memiliki selisih gol jauh lebih baik.

Alvaro Morata membawa Spanyol unggul lebih dulu lewat gol dari sundulannya pada sebelas menit pertama. Tetapi Jepang secara dramatis membalas pada awal babak kedua lewat Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Kedua pemain yang juga mencetak kedua gol Jepang saat mengalahkan Jerman dalam laga pertama itu membuat Samurai Biru secara sensasional bangkit dan berbalik menang 2-1.

Tetapi gol Tanaka pada menit ke-51 termasuk sangat kontroversial setelah VAR memutuskan Kaoru Mitoma mempertahankan bola yang terlihat sudah keluar garis permainan.

Dalam laga itu Spanyol kesulitan menciptakan peluang akibat kokohnya pertahanan Jepang saat-saat terakhir di mana tim Asia ini berusaha keras menghindari kebobolan yang bisa memulangkan mereka lebih cepat dari turnamen Qatar ini.

Segera setelah wasit meniup panjang peluitnya, pemain-pemain Jepang larut dalam ekstasi besar merayakan kemenangan sensasional kedua yang membuat mereka terkirim ke 16 besar Piala Dunia yang keempat kalinya mereka lakukan. *[ Redaksi SB ]🙏🙏