12 Universitas Ikuti Kompetisi Jembatan Indonesia Di Tangsel

SINARBANTEN.COM, Tangsel – 12 Universitas mengikuti kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Kota Tangerang Selatan, Banten, bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Kompetisi Jembatan Indonesia ke-17 tahun 2022 berlangsung mulai tanggal 11 hingga 13 November 2022, dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sebagai tuan rumah.

KJI tersebut diikuti 16 tim finalis dari 12 universitas mewakili delapan jembatan model pelengkung dan delapan jembatan model rangka baja.

“KJI merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa di tingkat nasional yang merupakan pesta dan aktualisasi kreativitas mahasiswa Teknik Sipil dari seluruh Indonesia. Lomba ini sudah ada sejak tahun 2005 dengan nama Kompetisi Jembatan Baja Indonesia (KJBI) yang digelar oleh Politeknik Negeri Jakarta (PNJ),” ujar Kepala Program Studi Teknik Sipil UPJ Riris di Tangerang, Sabtu (5/11/2022).

Perlu diketahui, semula kategori jembatan yang dilombakan pada KJBI 2005 hanya jembatan jalan raya rangka baja. Namun seiring dengan perkembangan waktu maka jenis kategori lomba bertambah menjadi dua kategori lomba yaitu kategori jembatan rangka baja dan kategori jembatan pelengkung.

Universitas yang berhasil melaju ke babak final pada KJI XVII 2022 kali ini adalah:

  1. Universitas Pembangunan Jaya,
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Universitas Muhammadiyah Malang
  6. Politeknik Negeri Jakarta
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  8. Universitas Pelita Harapan
  9. Universitas Bangka Belitung
  10. Universitas Negeri Malang
  11. Universitas Indonesia
  12. Universitas Udayana.

“Acara KJI 2022 akan kami pusatkan di Plaza Bodhi yang menjadi ikonik Universitas Pembangunan Jaya. Acara akan dibuka dengan penampilan tarian daerah sebagai penyambutan peserta yang berasal dari universitas di seluruh Indonesia, serta atraksi dari UKM Taekwondo yang menjadi salah satu prestasi unggulan nonakademik di Prodi Teknik Sipil UPJ. UPJ siap menjadi tuan rumah acara puncak KJI 2022,” jelas Ruris dalam keterangannya.

UPJ selaku tuan rumah KJI XVII 2022 juga berhasil meloloskan salah satu tim finalis dalam ajang KJI XVII kali ini.

“Tim dari Program Studi Teknik Sipil UPJ dengan nama Capella sukses lolos sebagai salah satu finalis untuk kategori jembatan rangka baja,” katanya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏