Ijtima Ulama MUI Jatim Bahas 3 Agenda Penting Terkait Kepentingan Umat

SINARBANTEN.COM, Surabaya — Bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (27/7/2022) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menghelat Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI se-Jawa Timur. Dalam acara tersebut dibahas 3 agenda penting.

Pertama, terkait masih ditemukannya kasus nikah siri bagi seorang perempuan yang tidak memiliki surat nikah dan kemudian ditelantarkan suaminya.

“Setelah ditelantarkan kemudian sulit untuk mengajukan gugat cerai. Ini nanti kita bahas,” ujar Ketua Komisi Fatwa MUI Jatim KH Ma’ruf Khozin.

Kedua, soal ucapan selamat terhadap agama lain yang terus menimbulkan polemik dan tidak berkesudahan, utamanya setiap menjelang hari besar agama lain. Khozin mengungkapkan, dalam draf yang disusun, bakal disahkan pada kondisi tertentu diperbolehkan mengucapkan selamat kepada agama lain untuk menjaga kondusivitas dan menjaga toleransi.

“Kita mengikuti beberapa fatwa ulama Timur Tengah yang memperkenankan misalnya pejabat publik atau pekerja yang tidak lepas dari saudara yang non-Muslim. Tapi yang tidak diperkenankan jangan ikut-ikutan,” ungkapnya.

Ketiga soal paylater, dimana banyak marketplace yang memudahkan jual beli tapi di sana juga menimbulkan jerat utang yang membengkak. Kemudian ada juga pembahasan soal jual beli metaverse, lem fibrin atau menjahit luka menggunakan sel darah, serta permasalahan lainnya.

“Persoalan ini bukan sekarang terjadi dibahas hari ini. Jadi ini drafnya disusun sebulan lalu. Penyusunan draf itu tidak cukup satu-dua hari,” katanya.

Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Timur menyambut positif ijtima ulama yang digelar Komisi Fatwa MUI dari seluruh kabupaten/ kota di Jatim. Menurutnya hal ini penting untuk merespons banyaknya kompleksitas masalah yang dihadapi masyarakat.

“Saya mohon agar pertemuan serupa ini digelar reguler, agar masyarakat mendapatkan petunjuk atas apa yang mereka hadapi, atas berbagai kompleksitas masalah yang kerap kali muncul dan tidak dapat diprediksi,” pinta Khofifah. *[ Redaksi SB ]🙏🙏