Pemerintah Belanda Telah Memulai Program Vaksinasi Cacar Monyet

SINARBANTEN.COM, Amsterdam – Institut Nasional Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Belanda (RIVM) mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Amsterdam dan Dinas Kesehatan Kota Den Haag telah memulai vaksinasi cacar monyet, Senin (25/7/2022). Warga yang dianggap paling berisiko terpapar atau terinfeksi akan menjadi prioritas.

Pemerintah Belanda melakukan program vaksinasi cacar monyet untuk mengantisipasi penanggulangan penyebaran kasus tersebut di negaranya. Bahkan WHO sudah mengonfirmasi setidaknya 16 ribu kasus penyakit tersebut di lebih dari 75 negara.

“Vaksinasi hanya dimungkinkan jika Anda telah menerima undangan pribadi dari Layanan Kesehatan Masyarakat Kota (GGD) atau pusat pengobatan HIV,” kata RIVM dalam sebuah pernyataan, dikutip Anadolu Agency.

RIVM mengungkapkan, pada hari pertama, 50 orang akan divaksinasi di Dinas Kesehatan Kota Amsterdam. Selanjutnya, dinas kesehatan tersebut akan memvaksinasi 100 orang setiap harinya.

Menurut RIVM, vaksin bakal diberikan dalam dua dosis. Dosis kedua diberikan empat pekan setelah suntikan pertama.

Sejauh ini, Belanda sudah mencatatkan 712 kasus cacar monyet. Komisi Eropa telah menyetujui penggunaan vaksin Imvanex buatan perusahaan bioteknologi asal Denmark, Bavarian Nordic, untuk vaksinasi dalam rangka pencegahan penyebaran monkeypox atau cacar monyet di Benua Biru.

Kabar tentang persetujuan itu diumumkan Bavarian Nordic, Senin. Mereka mengungkapkan, persetujuan itu berlaku di semua negara anggota Uni Eropa serta di Islandia, Liechtenstein, dan Norwegia.

“Ketersediaan vaksin yang disetujui dapat secara signifikan meningkatkan kesiapan negara-negara untuk memerangi penyakit yang muncul, tetapi hanya melalui investasi dan perencanaan terstruktur dari kesiapan biologis,” kata Kepala Eksekutif Bavarian Nordic, Paul Chaplin.

Sebelumnya, Uni Eropa hanya menyetujui vaksin Bavarian untuk mengobati cacar. Namun, pekan lalu, European Medicines Agency (EMA) merekomendasikan vaksin tersebut untuk penanganan wabah cacar monyet di Benua Biru.

Sebagai informasi, Kanada dan Amerika Serikat (AS) sudah terlebih dulu memberi persetujuan serupa. WHO telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) pada Sabtu (23/7/2022) lalu.*[ Redaksi SB ]🙏🙏