Apa Perbedaan Sayur Organik Dan Sayur Pakai Pestisida?

SINARBANTEN.COM, Serang – Pestisida berasal dari kata pest yang berarti hama dan cide yang berarti membunuh.

Sehinga secara harfiah pestisida merupakan zat kimia yang dapat membunuh hama. Pestisida biasanya digunakan untuk menghindari atau membunuh hama saat masa pertumbuhan tanaman.

Pestisida merupakan senyawa yang berbahaya bagi tubuh manusia, sehingga bila residu pestisida mengendap di dalam tubuh, maka dalam jangka waktu lama akan menimbulkan beragam gangguan kesehatan.

Mengutip dari kompas.com, Manager Operasional dan Farm Enatura Disyacitta Nariswari mengatakan bahwa kualitas sayuran bebas peptisida lebih bagus dan tahan lama saat disimpan.

Sebelum membeli sayur, penting untuk mengetahui cara membedakan sayur yang pakai pestisida di pasaran.

CARA MEMBEDAKAN SAYUR YANG PAKAI PESTISIDA

Secara sederhana dan paling mudah untuk mengetahui sayuran yang mengandung pestisida yaitu melihat kondisi fisik daun dan batang sayur.

“Sayur yang pakai peptisida biasanya bagus-bagus, ga ada bagian yang berlubang sama sekali, terlihat cantik, dan warnanya benar-benar hijau,” kata Citta, Kamis (14/7/2022).

Sementara itu, sayuran bebas pestisida umumnya berukuran normal, warna hijau yang biasa saja, dan ada beberapa bagian daun yang berlubang karena hama.*[ Redaksi SB ]🙏🙏