Pertama Di Indonesia, Mobil Tanpa Supir Hadir Di BSD City Tangerang

SINARBANTEN.COM, Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mendampingi Menteri Perhubungan dan Kepala Badan Otorita Ibukota Baru IKN dalam rangka peresmian sekaligus peluncuran mobil Autonomous Vehicle (mobil tanpa awak/supir) pertama di Indonesia yang dilaksanakan di QBig BSD City Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, Jumat (20/5/2022)

Zaki mengaku baru pertama kali ini menjajali mobil tanpa pengemudi yang akan beroperasi di Kabupaten Tangerang. Ia juga menyebutkan Autonomous Vehicle tersebut merupakan inovasi dan kemajuan teknologi. Ke depan, mobil ini akan menyederhanakan sistem transportasi terutama untuk di kawasan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Pengalaman saya naik mobil autonomous ini barusan, semuanya aman. Kecepatan juga aman, tidak terlalu cepat, kecepatan maksimum hanya 20 km/jam dan dilengkapi juga dengan sabuk pengaman. Jadi aman dan nyaman berada di dalam mobil autonom tersebut,” katanya usai menaiki mobil Autonomous.

Selanjutnya Zaki sangat mendukung adanya mobil tanpa awak ini hadir di BSD City.

Kami sangat mensupport dan memberikan semangat kepada BSD City, Sinarmas Land untuk meningkatkan lagi potensi layanan masyarakat yang lebih ramah lingkungan. Dengan adanya mobil tenaga listrik ataupun sistem transportasi yang terintegrasi dengan digitalisasi ini akan mempermudah masyarakat dan menguntungkan masyarakat,” terangnya.

Menurut Bupati Zaki, untuk sementara pengoperasian mobil otonom ini hanya di kota-kota satelit dulu karena diperlukan infrastruktur seperti titik-titik GPS dan juga jalan yang memang harus tersedia dengan baik, belum lagi masalah sensornya yang sangat sensitif sekali. Kalau di jalan umum terbuka mungkin masih lama, kemungkinan kita baru bisa operasikan di jalan umum sekitar 5 sampai 10 tahun ke depan. *[ Redaksi SB ]🙏🙏