Konsep Budaya Lokal Warnai Pembukaan MTQ Ke-22 Kota Tangerang

SINARBANTEN.COM, Tangerang – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-21 Tingkat Kota Tangerang, Banten sangat berbeda dengan MTQ sebelumnya karena saat pembukaan MTQ tersebut sangat kental dengan penggabungan budaya lokal dan islami.

Dalam pembukaan MTQ ini, perwakilan dari setiap kecamatan menampilkan kesenian khas, seperti dari Kecamatan Karang Tengah menampilkan lawakan betawi dengan komedian Azis Gagap. Selain itu, penampilan tim marawis dan pencak silat.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangerang K.H. Zuhri Fauzi di Tangerang, Senin (23/5/2022) mengakui bahwa MTQ tahun ini sangat berbeda karena mengusung budaya lokal.

“Konsep budaya lokal sangat terlihat dari setiap penampilan kafilah dari 13 kecamatan tadi di panggung utama. Mulai dari penampilan lenong, silat, palang pintu hingga debus dan lainnya. MTQ tingkat Kota Tangerang kembali digelar dengan menghadirkan suasana keramaian, setelah dua tahun terhenti akibat pandemi. Oleh karena itu, kegiatan ini juga semakin meriah dengan dihadiri ribuan santri,” tutur Zuhri, Senin (23/5/2022).

“Ini menjadi aktualisasi syiar Islam dan menjalin silaturahmi antarumat beragama menuju Kota Tangerang yang religius, rukun, sejahtera, dan akhlakul kharimah,” sambungnya.

Sebagai informasi, MTQ ke-21 digelar selama tiga hari, 23-25 Mei 2022, diikuti 642 peserta dari 13 kecamatan. Ada tujuh jenis lomba yang digelar, yakni lomba tilawah mulai dari murotal anak, remaja, dewasa, hingga qiraah sabaah mujawwad, lomba tahfiz mulai dari satu juz, lima juz, 10 juz, 20 juz, hingga 30 juz.

Selain itu, lomba kaligrafi kategori dekorasi dan hiasan mushaf, lomba qiraat kutub kategori ula, wushta dan ulya, serta lomba syahril qur’an dan fahmil qur’an. *[ Redaksi SB ]🙏🙏