Kita Harus Tahu 4 Cara Terbaik Menyimpan Kurma Supaya Tahan Lama

SINARBANTEN.COM, Serang – Buah kurma berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara telah dibudidayakan selama ribuan tahun. Meskipun terdapat banyak jenis kurma, tetapi terdapat dua jenis yang paling umum nih, yaitu Medjool dan Deglet Noor.

Mengutip dari laman Healthline, kurma tidak hanya tinggi serat dan antioksidan, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral penting seperti potasium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6.

Melansir dari laman Mashed, berikut beberapa cara menyimpan kurma yang benar untuk menjaganya agar tetap segar.

  1. PILIH KURMA TERBAIK SAAT MEMBELI

Jika ingin menyetok kurma, kita wajib memilih kualitas terbaik saat membelinya. Ketika memilih kurma segar, baik dari petaninya langsung atau dari pasar terdekat, pilih kurma segar yang buahnya montok dengan kulit yang sedikit mengkilap.

Pilih juga kurma yang utuh dan lembab. Hindari memilih kurma yang rusak, kering, berjamur, berbintik hitam atau bernoda. Selain itu, kita juga bisa mencium kurma terlebih dahulu untuk menghindari membeli kurma yang memiliki bau asam atau tidak enak.

Jangan ragu untuk memilih kurma dengan tekstur berkeriput. Tetapi, baiknya tidak membeli kurma yang teksturnya terlalu keras atau lembek.

Hindari juga membeli kurma dengan bintik putih atau kristal gula di kulitnya, karena itu merupakan tanda bahwa kurma sudah tua dan tidak lagi memiliki kelembapan.

  1. SIMPAN KURMA PADA SUHU RUANGAN

Waktu terbaik untuk mengonsumsi kurma adalah satu minggu setelah pembelian. Kurma dapat disimpan pada suhu ruangan untuk sementara waktu.

Agar lebih tahan lama, sebaiknya menyimpan kurma di dalam wadah atau toples yang kedap udara. Tak perlu bingung memilih toples kaca atau plastik, karena keduanya berfungsi dengan baik untuk menyimpan kurma.

Kita juga bisa menyimpan kurma dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali atau kantong yang disegel vakum. Untuk hasil terbaik, pastikan menghilangkan seluruh udara yang ada dalam kantong plastik.

Nah, toples atau kantong plastik kedap udara kemudian harus ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering, seperti misalnya lemari dapur. Pastikan untuk menjauhkannya dari sinar matahari langsung dan sumber panas apa pun, seperti kompor atau oven ya, Bun.

Bila disimpan dengan benar, kurma segar akan bertahan dengan baik pada suhu ruangan selama 4 sampai 6 minggu, sedangkan kurma kering akan bertahan lebih lama dan masih baik untuk sekitar 6 bulan.

Jangan lupa beri label bertuliskan tanggal penyimpanan, agar kita tahu berapa lama kurma telah disimpan ya.

  1. SIMPAN KURMA DI DALAM KULKAS

Menyimpan kurma di dalam kulkas adalah cara untuk menjaganya tetap segar lebih lama dari pada menyimpannya di suhu ruangan. Menyimpan kurma di dalam kulkas juga sangat penting jika kita tinggal di lingkungan yang panas dan lembap.

Untuk menyimpan kurma di dalam kulkas, caranya sama seperti ketika kita ingin menyimpannya pada suhu ruangan ya, yaitu dengan menggunakan wadah, toples, atau kantong plastik yang kedap udara. Menggunakan wadah kedap udara juga akan mencegah kurma dari bau lain yang terdapat di dalam kulkas.

Menyimpan kurma dengan benar dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, bisa membuat kurma segar akan penuh rasa sampai 1 bulan, sedangkan untuk kurma kering akan tetap segar selama 6 sampai 12 bulan.

  1. SIMPAN KURMA DI DALAM FREEZER

Jika kita ingin menyimpan kurma untuk waktu yang lebih lama, cara terbaik untuk menjaganya tetap segar adalah dengan menyimpannya di dalam freezer. Kurma yang dibekukan akan membuatnya bertahan dengan baik sampai tiga tahun.

Mengingat kandungan gulanya yang tinggi, kurma sebenarnya tidak pernah benar-benar membeku, Artinya, teksturnya tidak terlalu terpengaruh oleh pembekuan.

Untuk menyimpan kurma di dalam freezer, kita bisa menempatkan kurma terlabih dahulu di dalam kantong plastik. Pastikan tidak ada udara di dalam kantong plastik penyimpanan kurma. Selain itu, karena kurma dapat mengembang saat dibekukan, kita perlu memberi jarak di sekitar kurma ketika menyimpannya di dalam freezer.

Sebelum dikonsumsi, kita bisa mencairkan kurma ke suhu ruangan terlebih dahulu. Jika kurma tidak cukup lunak, kita bisa merendamnya dalam air selama beberapa jam. Setelah kita mencairkan kurma segar, kita harus mengonsumsinya dalam waktu enam minggu. *[ Redaksi SB ]🙏🙏