Pemkot Tangerang Sambut Baik Raperda Zakat Dan Pengembangan Sistem Drainase Perkotaan

SINARBANTEN.COM, Tangerang – Akhirnya usulan Raperda inisiatif dari DPRD terkait Pengelolaan Zakat dan Raperda Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Drainase Perkotaan disambut baik oleh Pemerintah Kota Tangerang Banten.

Dalam Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Tiga Raperda dan Penyampaian Pendapat Wali Kota Terhadap Dua Raperda Inisiatif, di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang, Rabu (23/3/2022), Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin kedua Raperda tersebut untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan zakat diperlukan pengelolaan secara kelembagaan dan profesional sesuai dengan syariat Islam, berdasarkan pada prinsip amanah, kemaslahatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

“Oleh karena itu, dalam penyusunan rancangan Perda tentang pengelolaan zakat diperlukan ketelitian dan kecermatan. Agar norma-norma yang diatur di dalamnya tidak tumpang tindih antara kewenangan di daerah dan pusat,” ujar Sachrudin.

Sementara itu terkait Raperda Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Drainase Perkotaan merupakan produk hukum yang bersifat delegatif yaitu pengaturan yang dibentuk berdasarkan amanat dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Dimana dengan terbentuknya Raperda ini, disamping menjadi acuan pengelolaan dan pengembangan sistem drainase perkotaan namun juga mendorong terwujudnya penyelenggaraan sistem drainase perkotaan yang memenuhi persyaratan tertib administrasi, ketentuan teknis, ramah lingkungan dan memenuhi keandalan pelayanan.

“Sehingga menciptakan lingkungan permukiman yang sehat, bebas genangan, meningkatkan konservasi, pendayagunaan dan pengendalian air,” katanya.

Sebelumnya Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengatakan usulan kedua raperda ini berdasarkan hasil aspirasi masyarakat yang diterima anggota dalam kegiatan reses. *[ Redaksi SB ]🙏🙏