6 Daerah Di Indonesia Tutup Kegiatan Sekolah Tatap Muka

SINARBANTEN.COM, Jakarta — Berdasarkan data dari Satgas Covid-19, tren kasus Covid-19 harian di beberapa daerah terus mengalami peningkatan dalam sepekan terakhir. Penambahan kasus positif yang biasanya sekitar 1.000-2.000 kasus kini menembus angka 17.895 pada Rabu (2/2/2022). Akumulasi kasus konfirmasi positif mencapai 4.387.286.

Sementara Kemenkes mencatat kasus Covid-19 varian Omicron sebanyak 2.980 menurut data yang sama.

Dengan semakin meningkatnya perkembangan kasus covid 19 varian Omicron harian tersebut, maka kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di satuan pendidikan di beberapa daerah ditutup sementara terutama di Pulau Jawa.

Berikut beberapa daerah yang menutup aktivitas PTM yang berhasil dihimpun jurnalis SINAR BANTEN.

  1. TANGERANG RAYA

Kegiatan PTM di Tangerang Raya resmi dihentikan imbas peningkatan kasus Covid-19 di wilayah tersebut. Adapun wilayah Tangerang Raya meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

“Sekolah tatap muka untuk Tangerang Raya sudah disepakati tidak ada PTM. Pandeglang kita lihat evaluasi lagi, Serang masih (PTM). Tangerang Raya sudah mulai oranye, PTM itu kan level 2,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim, Rabu (2/2/2022).

  1. KOTA BOGOR

Pemkot Bogor, Jawa Barat, menghentikan PTM 100 persen di setiap tingkatan sekolah imbas lonjakan kasus Covid-19. Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan data penambahan kasus Covid-19 di Bogor mengalami kenaikan. Dia juga menemukan 45 pelajar di Kota Bogor terkonfirmasi positif belum lama ini.

“Kami menyepakati untuk menunda PTM di semua tingkatan. Karena angkanya tinggi sekali, khawatir akan menyebar lagi,” kata Bima dalam keterangan tertulis, Rabu (2/2/2022).

  1. KABUPATEN BOGOR

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan kegiatan PTM untuk tiap satuan pendidikan di kecamatan zona merah bakal dihentikan sementara hingga 8 Februari. Sekolah yang berada di zona merah diharuskan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Saya putuskan PTM Terbatas ditunda dulu untuk wilayah Cibinong, Bojonggede, dan daerah-daerah lainnya yang tingkat keterpaparannya tinggi atau berada di zona merah. Selama melaksanakan PJJ, agar Kepala Sekolah melaksanakan sterilisasi di lingkungan sekolahnya,” kata Ade.

  1. KOTA BANDUNG

Lima sekolah di Kota Bandung menghentikan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) buntut 13 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Sekolah Dasar (PPSD) Dinas Pendidikan Kota Bandung Bambang Ariyanto mengungkapkan temuan kasus pada 12 siswa dan seorang guru itu terjadi usai tes acak terhadap 2.488 warga sekolah.

“Terkonfirmasi positif itu 12 siswa dan 1 guru. Masih isoman,” katanya, di Balai Kota Bandung, Rabu (2/2/2022).

  1. KOTA BEKASI

Pemerintah Kota Bekasi menghentikan kegiatan PTM di sekolah guna menekan laju penularan Covid-19. PTM di wilayah Bekasi disetop mulai 3 Februari-17 Februari.

Dalam periode itu aktivitas belajar mengajar dilakukan dengan PJJ dari rumah.

  1. YOGYAKARTA

Pemerintah Provinsi DIY mengubah skema PTM menyusul lonjakan kasus Covid-19 sepekan terakhir. Semula Yogyakarta menerapkan PTM 100 persen karena berada di status PPKM level 2.

Namun Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya meminta sejumlah sekolah untuk membagi jam masuk menjadi kelas pagi dan siang, dengan maksimal jumlah peserta didik 50 persen.

“Melihat perkembangan Covid-19 itu, sekolah dengan jumlah siswa di atas 200 memang kita minta sementara PTM 50 persen,” kata Didik saat dihubungi, Rabu (2/2/2022).*[ Redaksi SB ]🙏🙏