MUI Sulsel Keluarkan Fatwa Haram Bersedekah Ke Pengemis

SINARBANTEN.COM, Makassar — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, pun mengapresiasi ihwal fatwa yang baru saja dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel tentang fatwa haram bersedekah atau memberikan uang kepada pengemis.

“Bukanlah hal yang salah apa yang telah dilakukan Satpol PP dalam operasi zero terhadap anak jalanan (anjal), serta gelandangan dan pengemis (gepeng). Ini bukti bahwa apa yang dilakukan selama ini soal Operasi Zero Anjal Gepeng sudah berada pada jalur yang tepat,” kata Danny Pomanto, Selasa (2/11/2021).

Danny mengatakan, Fatwa MUI yang mengharamkan memberi uang terhadap pengemis memudahkan pemerintah kota dalam melaksanakan penertiban. Karena dengan maraknya anjal dan gepeng akibat masih banyaknya masyarakat yang memberikan mereka uang.

“Untuk mencegah agar tidak ada pengemis yang turun ke jalan, saya meminta RT/RW untuk terlibat dalam pendataan dan pengawasan terhadap warga yang kurang mampu di wilayahnya masing-masing untuk memudahkan pelacakan bila ada warga yang membutuhkan bantuan. *[ Redaksi SB ]🙏🙏