Pengurus DPD API Banten Gelar Kunjungan Kerja Ke Kesbangpol Provinsi Banten

SINARBANTEN.COM, Serang – Pada hari Selasa (2/11/2021), 5 orang pengurus Asosiasi Pendeta Indonesia (API) DPD Banten melakukan kunjungan kerja sekalian bersilaturahmi ke kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten pasca terdaftarnya API DPD Banten di Kesbangpol.

Adapun pengurus API yang turut hadir dalam silaturahmi ke kantor Kesbangpol adalah Pdt. Andreas Tarmudji, SH., S.Th (Wakil Ketua API DPD Banten), Pdt. Herrily Engka, M.Th (Sekda API DPD Banten), Pdt. Kasedu Niga, M.Th (Ketua API DPC Kabupaten Pandeglang), Pdt. Setriyanto Juwali (Ketua API DPC Kota Serang) dan Pdt. Henry Rumahorbo, M.Th (Ketua API DPC kabupaten Serang).

Saat tiba di kantor Kesbangpol Provinsi Banten, ke 5 pengurus API tersebut disambut hangat oleh Kabid Ketahanan Sosial dan Ekonomi Tri Hastuti, Kasubbid Kesbangpol Ade Lutfi, beserta 3 staf Kesbangpol lainnya.

Selanjutnya, pengurus DPD API Banten memperkenalkan pengurus API DPD Banten, menyampaikan program kerja DPD API Banten, dan melaporkan kegiatan DPD API Banten selama tahun 2021 ini.

“Kami sangat berterimakasih sudah diberi ruang untuk bersilaturahmi kepada pimpinan Kesbangpol pasca terdaftarnya API DPD Banten sebagai Ormas mitra pemerintah di Kesbangpol,” kata Pdt. Andreas Trarmudji selaku Wakil ketua API DPD Banten memulai percakapan, Selasa (2/11/2021).

“Disamping itu, kami rindu menjadi partner pemerintah untuk bisa dilibatkan dalam setiap kegiatan-kegiatan pemerintah yang bisa dilakukan tanpa menggangu aktifitas pemerintah dan pelayanan kami sehingga API bisa turut serta membantu memecahkan problem nasional dalam lingkup masyarakat Banten. Salah satu yang telah saya lakukan adalah pelatihan ekonomi kreatif bagi masyarakat yang menghasilkan produk-produk alami (non-kimia),” jelas Pdt. Andreas.

Kemudian dengan spontanitas, Pdt. Andreas memberikan cenderamata berupa produk hasil pelatihan ekonomi kreatif yang telah dilakukan API ditengah-tengah masyarakat.

Sementara itu , Ketua DPC API Kabupaten Pandeglang Pdt. Kasedu Niga, M.Th mengatakan API di Banten akan selalu mendukung kegiatan Pemprov Banten. Ia juga menanyakan apakah bisa API mendapatkan dana hibah dari Kesbangpol seperti ormas lainnya.

“Kegiatan API di Banten tetap sejalan dan mendukung semua program dari pemerintah. Untuk itu memang API perlu dukungan dari pemerintah, misalnya adanya dana hibah untuk Ormas yang akan kami gunakan untuk menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat,” tanya Pdt. Niga.

Menanggapi masukan dari API, Kasubbid Kesbangpol Ade Lutfi menyambut gembira adanya berbagai masukan dari ormas API untuk mendukung program pemerintah.

“Kami menerima semua masukan yang ada. Kesbangpol akan selalu mendampingi, membimbing semua Ormas yang ada di Banten. Untuk mendapatkan dana hibah, setiap Ormas memang harus membuat laporan kegiatannya sehingga bisa menjadi referensi bagi kami untuk memberikan bantuan yang berasal dari dua sumber yaitu APBD murni (sudah lewat masanya) dan APBD perubahan (paling lambat Juli 2022),” jelas Ade Lutfi.

Usai pertemuan API dengan Kesbangpol, SINAR BANTEN berbicara kepada Kabid Ketahanan Sosial dan ekonomi, Ibu Tri Hastuti terkait hal yang perlu dilakukan Ormas API setelah terdaftar di Kesbangpol.

“Ormas API sebagai mitra pemerintah harus selalu bersinergi dalam melakukan kegiatan-kegiatanya untuk mendukung pembangunan terutama di masa pandemi ini. Paling sederhana, API harus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya divaksin, menjaga jarak, cuci tangan dan memakai masker bila bepergian,” kata Tri kepada SINAR BANTEN.

Tri juga berharap API bisa menyuarakan kepentingan pemerintah di tengah-tengah masyarakat yang majemuk ini agar tetap menjunjung tinggi toleransi beragama dan menjaga stabilitas di bidang keagamaan agar tidak terjadi saling bersinggungan.

“Kami berharap semua ormas bisa membuat keadaan di Banten tetap kondusif. Untuk itu, setiap tahun bila ada kegiatan-kegiatan, kami mengundang semua ormas supaya ormas tersebut mendapatkan arahan dan bimbingan agar ormas tidak bersikap ‘aneh-aneh’ di tengah-tengah masyarakat. Saya yakin API dan Ormas lainnya bisa bersinergi dengan Pemprov dalam menyuarakan kepentingan pemerintah di bumi Banten ini,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏