Cara Sederhana Mencegah Kanker Usus

SINARBANTEN.COM, Serang – Agar terhindar dari penyakit kanker usus, sebaiknya kita harus menjaga pola makan yang sehat dan memakan makanan yang bergizi.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko dan mencegah kanker usus. Berikut cara mencegah kanker usus:

  1. MENGONSUMSI ANEKA SAYUR, BUAH, DAN BIJI-BIJIAN

Cara pertama mencegah kanker usus adalah perbanyak konsumsi aneka sayur, buah dan biji-bijian. Buah, sayur, dan biji-bijian mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan, yang dapat berperan dalam pencegahan kanker. Pilihlah berbagai buah dan sayuran agar kita mendapatkan berbagai vitamin dan nutrisi.

  1. KURANGI KONSUMSI ALKOHOL

Cara kedua mencegah kanker usus adalah mengurangi minum alkohol. Beberapa penelitian membuktikan konsumsi alkohol berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker usus. Itu sebabnya, kita harus menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol. Bagi pria, sebaiknya mengurangi konsumsi alkohol tidak lebih dari dua gelas per hari. Sedangkan untuk wanita, sebaiknya mengurangi konsumsi alkohol tidak lebih dari satu gelas per hari.

  1. JAUHI MEROKOK

Cara ketiga mencegah kanker usus adalah tidak merokok dan menjauhi asap rokok. Merokok jangka panjang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal, serta berbagai jenis kanker lainnya. Itu sebabnya, kita harus berhenti merokok untuk meminimalisir risiko kanker.

  1. RUTIN OLAH RAGA

Cara keempat mencegah kanker usus adalah rutin berolahraga. Olahraga membantu kita menjaga kesehatan, termasuk meminimalisir risiko kanker usus. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya kita berolahraga minimal 30 menit setiap hari. *[ Redaksi SB ]🙏🙏