Harga Tiket Masuk Pantai Anyer-Carita, Banten Sangat Mahal

SINARBANTEN.COM, Anyer – Berdasarkan pantauan SINAR BANTEN, ketika berkunjung ke beberapa pantai di Serang pada 27 – 28 Agustus 2021 untuk melihat langsung kondisi terkini pariwisata di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), ternyata keadaan pantai memang sangat sepi. Banyak kios dan lapak pedagang yang tutup karena sepi pengunjung.

Contohnya, Pantai Florida Anyer, tampak sepi. Di Loket yang menjual tiket masuk tertera harga tiket Rp 100 ribu per mobil. Hal serupa juga terjadi di Pantai Carita, harganya sama, Rp 100 ribu per mobil.

Harga tiket masuk pantai-pantai ini dapat dikatakan mahal sampai 5 kali lipat jika dibandingkan dengan harga di tiket pantai daerah lain. Apalagi bila melihat fasilitas pantai yang tak terlalu spesial.

Bila dibandingkan dengan Jakarta, di tempat wisata Ancol, misalnya, setiap pengunjung dikenakan tarif Rp 25 ribu dengan biaya parkir motor Rp 15 ribu dan mobil Rp 25 ribu.

Kemudian pantai di Sukabumi seperti Pantai Pelabuhan Ratu, pengunjung pejalan kaki hanya dikenakan tarif Rp 3.000 sementara untuk mobil dikenakan harga tiket Rp 20 ribu. Kemudian Pantai Citepus Sukabumi juga mematok harga yang lebih murah dibandingkan Anyer-Carita yakni Rp 30 ribu per mobil.

Salah satu pengunjung yang berprofesi sebagai dokter dari Jakarta, Safrinal, 38 tahun, mengatakan bahwa harga tiket seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Harga tiket sangat mahal. Kalau begini terus, pendapatan daerah akan menurun,” ungkap Safrinal kepada SINAR BANTEN.

“Saya harap Kemenparekraf turun tangan. Misalkan membuat standardisasi biaya di tempat wisata atau sejenisnya,” harap pak dokter tersebut. *[ Redaksi SB ]🙏🙏