Kecam Taliban, Ribuan Orang Berunjuk Rasa Di Pusat Kota London

SINARBANTEN.COM, London – Untuk menunjukkan solidaritas kepada orang Afghanistan dan mengecam pengambilalihan oleh Taliban, ribuan orang berunjuk rasa di pusat kota London pada hari Sabtu (21/8/2021).

Dikutip dari AFP, Minggu (22/8/2021), beberapa ribu orang turun ke pusat ibu kota Inggris sejak Sabtu siang. Mereka berkumpul di Hyde Park dan berbaris di Whitehall melewati Downing Street, kediaman dan kantor Perdana Menteri Boris Johnson.

Ketika Inggris, Amerika Serikat dan sekutu Barat lainnya berjuang untuk mengevakuasi warga mereka dan lainnya dari Kabul, pemimpin Inggris telah menghadapi kritik pedas atas penanganan pemerintahnya terhadap krisis di Afghanistan,

“Talib belum berubah”, demikian lah tulisan spanduk yang dipegang para pengunjuk rasa dan yang lainnya berbaris di belakang spanduk tersebut. Sementara yang lain memegang spanduk bertuliskan slogan-slogan seperti “berhenti membunuh warga Afghanistan” dan “hentikan penindasan terhadap perempuan Afghanistan”.

Selain itu, banyak peserta juga mengibarkan bendera Afghanistan dan meneriakkan slogan-slogan menentang pengambilalihan Taliban.

Dalam keterangan persnya, Taliban bersikeras akan memperlakukan perempuan secara adil dan tidak mencari pembalasan terhadap warga Afghanistan yang bekerja sama dengan pasukan Barat selama dua dekade keterlibatan mereka di negara itu, ketika ribuan orang mencoba melarikan diri dari Kabul di tengah situasi kacau.

Menanggapi siaran pers Taliban yang akan memperlakukan perempuan secara adil, banyak warga Afghanistan dan lainnya, termasuk mereka yang berdemonstrasi di London, tidak percaya.

Hal tersebut didukung adanya laporan bahwa militan telah memulai pembalasan kekerasan terhadap orang-orang yang disebut daftar hitam. *[ Redaksi SB ]🙏🙏