Kenakan Baju Adat Suku Baduy, Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR RI

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Dalam Sidang Tahunan MPR RI tahun 2021 di Gedung Nusantara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat menggunakan pakaian adat dari Suku Baduy, Banten. Jokowi memasuki ruangan bersama dengan Wakil Presiden Maruf Amin.

Acara Sidang Tahunan MPR RI tahun 2021 ini turut dihadiri oleh pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD serta undangan terbatas lainnya, tampak hadir secara langsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY.

Staf Khusus Kementerian Sekretariat Negara Faldo Maldini kepada wartawan, Senin (15/8/2021) mengatakan, busana yang dipakai Presiden adalah pakaian adat Suku Baduy, yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Jokowi terlihat menggunakan pakain berwarna hitam. Bekas Gubernur DKI Jakarta itu juga terlihat menggunakan ikat kepala yang biasa disebut telekung berwarna biru beserta tas koja.

Sementara itu Wapres Maruf Amin mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat. Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Wapres tampak sederhana dilandasi alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Maruf menggunakan perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang. Serta penutup kepala yang disebut songkok tabone.

Pada Sidang Tahunan MPR yang dirangkaikan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD, serta diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan sangat ketat.

Setelah sidang tabunan, agenda akan dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2021 – 2022 untuk mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya. [ Redaksi SB ]🙏🙏