Pemkot Serang Siap Tampung 400 Ton Sampah Dari Tangsel

SINARBANTEN.COM, Serang – Bertempat di Hotel Ledian Kota Serang, Jumat (22/1/2021) Walikota Tangsel Airin Rachmi Dianny dan Walikota Serang Syafrudin didampingi Wakilnya Subadri Ushuludin melaksanakan kerjama kegiatan MOU di 14 bidang kerja sama.

“Pemkot Serang dan Pemkot Tangsel melaksanakan MoU di 14 bidang kerja sama, diantaranya meliputi bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, dan kawasan permukiman, sosial hingga pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kemudian yang paling pertama kerja sama ini masalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yaitu mengenai masalah sampah,” jelas Walikota Serang Syafrudin.

Selanjutnya Syafrudin mengatakan, MoU ini hanya secara umum, sementara secara spesifikasi adanya di Perjanjian Kerjasama (PKS). Nilai sudah di-ACC kurang lebih Rp 48 miliar, termasuk perbaikan infrastruktur pelebaran jalan, alat berat, konpensasi, retribusi. Dan ini sudah termasuk konpensasi.

“Lokasi lahan penampungan sampah milik Pemkot Serang itu ada 12 hektar, 2 hektar untuk air lindi. Jadi masih 10 hektar. Menurut saya sampah sebanyak 400 ton itu sudah pernah ditangani DLH, jadi itu tidak seberapa,” rincinya.

Safrudin memaparkan, bila tidak diolah masih sampai 2026. 2026 itu masih lima tahun. Kalau umpamanya ada pembelian lahan di perubahan ini 5 hektar, jadi 400 ton per hari itu disimpan 5 hektar itu tiga tahun tidak bakal habis, masih bisa menampung.

Total 400 ton perhari itu, kata Syafrudin tidak seberapa dengan luas tanah di Tempat pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong.

‘Oleh karena PAD-nya Pemkot Serang ini kecil hanya Rp 1,1 triliun dibandingkan dengan PAD Pemkot Tangsel sebesar Rp 10 triliun, maka saya mengharapkan terjalinnya kerjasama di bidang lainnya,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏