Pesan Berantai Pemakaian Stiker Senilai Rp250 Adalah Hoax

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Akhir-akhir ini di grup WhatsApp di seluruh Indonesia dibanjiri dengan pesan berantai tentang pengiriman stickers berbiaya Rp250-. Dimana pembayarannya akan dibebankan kepada si penerima.

Tidak hanya berhenti di situ, selanjutnya pesan ini pun mengajak semua orang untuk berhenti memakai stiker agar paket atau uang kita tidak cepat habis untuk memperkaya si pembuat stiker.

Berikut isi pesan berantai yang diterima Tim Sinar Banten.

“Hindari penggunaan STIKER dlm medsos.

Tahukah teman2 ku di group ini… Kenapa menggunakan stiker, menguntungkan pembuat nya,,,

Setiap stiker atau gambar yg saudaraku krmkan di wa ini pembayarannya dibebankan kpd yg menerima Rp.250,-. Jk aggt group ini ada 20 org sj maka pembuat stiker sdh mendapat uang 20x 250 rupiah utk satu stiker. jika setiap hari di group ini ada 20 stiker en gambar maka pembuat stiker mendapat uang perhari dr group ini = 20 x20x 250 = 100.000 rupiah. Jika dalam 1 bln ,brp kah penghasilan pembuat stiker ???

Saya mengajak semuanya utk stop pakai stiker agar paket / uang kt tdk cepat habis utk memperkaya org yg sdh kaya.

FAKTA YANG SEBENARNYA

Berdasarkan cross check yang dilakukan oleh Tim Sinar Banten melalui situs Turnbackhox.id, ternyata klaim di atas adalah salah.

Setelah dikonfirmasi langsung oleh pakar keamanan siber Pratama Persadha yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Riset Keamanan Cyber dan Komunikasi bahwa ”Pesan berantai yang menganjurkan pemakaian stiker dan akan dibebankan si penerima di chat dan medsos adalaha menyesatkan. Mileneial cenderung suka berekspresi dengan stiker, lihat bagaimana kesuksesan Line yang akhirnya diikuti WhatsApp.”

Selain itu terdapat perbedaan besaran kuota data yang digunakan apabila hanya mengirim teks dengan stiker. Untuk teks, per karakter diperkirakan 1 byte, sedangkan stiker pada umumnya di bawah 50 kilo byte. Sehingga, pengguna stiker di WhatsApp lainnya hanya dibebankan pada kuota data.

Jadi dari fakta di atas, terungkap bahwa tidak benar jika penerima stiker WhatsApp dibebankan sejumlah biaya. *[ SM ] πŸ™πŸ™