Dinas Pendidikan Kota Serang Tetapkan Belajar Di Rumah Hingga 20 Mei

SINARBANTEN.COM, Serang – Melihat perkembangan penyebaran virus Corona di kota Serang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang mengambil kebijakan untuk memperpanjang proses pembelajaran di rumah untuk beberapa daerah di Banten diperpanjang selama dua bulan atau hingga 20 Mei 2020.

Adapun kebijakan untuk memperpanjang proses pembelajaran di rumah tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 421/930-Dispendikbudkot/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Kota Serang selama masa darurat penyebaran Covid-19.

“Surat edaran itu dikeluarkan setelah adanya rapat koordinasi yang cukup panjang. Sehingga, edaran sebelumnya yang menyatakan siswa mulai masuk sekolah pada 31 Maret, kembali diperpanjang sampai tanggal 20 Mei 2020. Mengingat, wabah Covid-19 belum menunjukkan angka penurunan dan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan keselamatan siswa,” ungkap Sekretaris Dindikbud Kota Serang Nursalim, Sabtu (28/3/2020).

Dalam surat edaran itu juga disampaikan bahwa berdasarkan surat edaran Kemendikbud nomor 4 tahun 2020 bahwa ujian nasional tahun pelajaran 2019/2020 bagi SMP ditiadakan. Sementara itu, penilaian kelulusan bagi SD dan SMP berdasarkan hasil rapot.

“Berdasarkan nilai rapot dari sejak kelas satu kalau sampai kelas enam kalau di SD dan SMP sejak kelas tujuh sampai kelas sembilan,” ucapnya.

Meskipun dalam edaran itu siswa mulai masuk tanggal 20 Mei, tapi untuk libur nasional dan cuti bersama sesuai yang tertera dalam kalender nasional tetap dilaksanakan.

“Makanya kita tidak boleh mengatur yang kalender sudah baku,” ujarnya.

Selama perpanjangan proses belajar di rumah, Nursalim berharap orangtua siswa tetap membimbing dan memberikan hak anak dalam belajar.

“Perpanjangan belajar dari rumah tidak dimaknai sebagai libur. Namun, proses pembelajaran yang dilakukan tidak membebani siswa. Orangtua siswa bisa menjelaskan terkait Covid-19 ini, supaya siswa paham. Kemudian jangan jadikan belajar di rumah ini menjadi ajang rekreasi atau liburan,” pungkasnya. *[ MP ] 🙏🙏