BPS: WNA Harus Ikut Sensus Penduduk 2020

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Sensus penduduk tahap pertama sudah mulai dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) secara online pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020. Tahap kedua sensus penduduk 2020 digelar melalui wawancara akan dilaksanakan mulai 1 Juli -31 Juli 2020 mendatang.

Sensus penduduk tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena sensus penduduk 2020 ini tidak cuma berlaku bagi warga negara Indonesia (WNI) saja. Warga negara asing yang tinggal di Indonesia juga diharapkan ikut berpartisipasi dalam hajatan sensus ini. Dengan partisipasi WNA dalam Sensus Penduduk 2020 maka pemerintah bisa memastikan berapa banyak jumlah penduduk yang tinggal di wilayah Indonesia, baik Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing (WNA).

Persyaratan bagi WNA yang berkenan untuk iktut partisipasi dalam sensus ini juga tidak susah. Beberapa cataan bagi WNA yang ingin mengikuti sensus diantaranya adalah:

Pertama, jika Anda adalah Warga Negara Asing (WNA) yang saat ini tinggal di Indonesia, dan merupakan pemegang izin tinggal terbatas atau (ITAS), maka sebaiknya ikut berpartisipasi menyukseskan sensus ini.

Sebagai informasi Izin tinggal Terbatas ini biasanya diberikan kepada Warga Negara Asing (WNA) dengan jangka waktu 2 tahun dan dapat diperpanjang hingga 6 tahun.

Kedua, jika Anda warga negara asing pemegang izin tingal tetap alias ITAP. ITAP merupakan visa permanen untuk warga negara asing yang tinggal dan menetap di Indonesia. Masa berlakunya adalah selama 5 tahun, dan bisa diperpanjangan.

WNA yang tinggal di di Indonesia bisa berpartisipasi dalam sensus 2020 dengan cara mengirimkan surat elektronik atau email yang berisi nama, nomor paspor, nomor izin tinggal, dan lampiran pindaian atau foto dari paspor. Salinan dokumen elektronik tersebut bisa dikirimkan ke joinsp2020@bps.go.id.

Setelah itu, maka BPS akan mengirimkan kode akses melalui email untuk login pada situs https://sensus.bps.go.id/login. *[ SM ] ??