Genangan Air Surut, Warga Perumahan BNL Cijeruk Kembali Beraktivitas

SINARBANTEN.COM, Serang — Hari ini, Sabtu (8/2/2020) merupakan hari ke-enam sejak terjadinya banjir, Minggu (2/2/2020), kini genangan air di sekitar Perumahan Bumi Nagara Lestari (BNL) Cijeruk Serang mulai menyusut. Sudah terlihat warga perumahan kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Aktivitas di dapur umum pun sudah tiada.

Berdasarkan pengamatan Sinar Banten, genangan air di blok D6 yang merupakan jalan utama sudah tiada lagi. Sedangkan di blok D1 – D5 masih setinggi 20 cm hingga 30 cm (semula setinggi 80 cm).

Meskipun demikian, warga yang tadinya mengungsi di tempat / tenda yang disediakan oleh pemkab Serang sudah mulai kembali ke rumah masing-masing, dapur umum sudah ditutup, dan kegiatan warga perumahan BNL berangsur-angsur normal kembali.

Bila dilihat dari awal hingga kini, penanganan banjir oleh Pemerintah Provinsi Banten dan pemerintah kabupaten dinilai sangat membantu warga.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak yang sudah membantu, seperti BPBD Serang, Polres Serang, Pemerintah Kecamatan, Koramil Kragilan, Kibin, pemerintah desa, PMI Kabupaten Serang dan masyarakat yang sudah bekerjasama meringankan penderitaan kami selaku warga perumahan BNL, “kata Elvi warga perumahan BNL, Sabtu (8/2/2020).

Sebelumnya, pada Rabu (5/2/2020), Kepala BPBD Serang Kusmayadi memaparkan bahwa banyak elemen yang terlibat dalam penanggulangan banjir di Perumahan BNL Cijeruk.

“Ada beberapa elemen yang terlibat dalam penanganan dampak banjir di Perumahan BNL, antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Kodim 0602 Serang, Polres Serang, Pemerintah Kecamatan, Koramil Kragilan, Kibin, pemerintah desa, PMI Kabupaten Serang, Tagana Serang, RAPI Serang, dan masyarakat, “jelasnya, Rabu (5/2/2020).

“Kami mengerahkan sumber daya dan sarana yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti membuka drainase/selokan untuk jalan air, penyedotan air dengan menggunakan alkon, pembuatan saluran dan penutupan jalur air, serta aktivasi dapur umum untuk warga perumahan BNL, “tambahnya.

Sebagai informasi, selain di Perumahan BNL desa Nagara, Kecamatan Kibin, ada juga beberapa desa lain di Kabupaten Serang yang dilanda banjir, yaitu Ranjeng, Pelawad, Citeureup, Singamerta, Bumijaya dan Cigelam di Kecamatan Kibin ; Desa Carenang, Desa Walikukun dan Desa Sukajaya Kecamatan Pontang di Kecamatan Carenang ; Desa Ketos, Sukamaju dan Desa Ciagel di Kecamatan Kragilan ; Desa Kragilan, Sentul dan Jeruk Tipis di Kecamatan Tanara ; Desa Lempuyang. *[ HGR ] 🙏🙏