Dari Segi Kualitas, Cangkul Buatan Sukabumi Kalahkan Cangkul Dari China

SINARBANTEN.COM, Sukabumi – Pada Sabtu (23/11/2019), Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki melakukan kunjungan kerja perajin logam di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ia langsung berkunjung ke bengkel produksi cangkul di Cibatu, Kecamatan Cisaat.

Disela-sela kunjungan kerja tersebut, Menkop UKM Teten Masduki mengatakan cangkul yang diproduksi perajin logam di Kabupaten Sukabumi mempunyai kualitas yang lebih bagus dari pada cangkul dari China.

“Kualitas cangkul yang dibuat perajin logam Cibatu bentuknya lebih bagus halus dan lebih lebar. Sementara, cangkul dari China permukaannya kasar, kecil dan kemungkinan tidak bisa tahan lama, “kata Teten.

Tidak hanya itu, lanjut Teten, ternyata di daerah lain pun kualitas cangkulnya sangat baik jika dibandingkan dengan impor. Maka dari itu, pihaknya menginginkan tidak ada lagi impor cangkul ke Indonesia karena produk karya anak bangsa lebih mumpuni.

“Hanya sekarang yang menjadi kendala adalah cangkul yang dibuat perajin dalam negeri khususnya dari Cibatu belum sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga, kami akan melakukan berbagai pembinaan sekaligus pelatihan untuk perajin cangkul agar produksinya sesuai standar, “jelasnya.

Meskipun demikian, perajin yang cangkulnya belum SNI jangan berkecil hati karena, pangsa pasarnya cukup luas terkecuali cangkul tersebut dibeli oleh pemerintah yang tentunya harus sesuai standar yang telah ditetapkan.

“Tugas utama saya sebagai Menkop UKM adalah menjaga keberadaan pelaku UKM agar tetap bisa berkarya dan pendapatannya terus meningkat. Jadi yang utama saat ini adalah kami ingin mendongkrak skala produksi cangkul produk UMKM, “jelasnya.

Sementara, pengusaha logam Cibatu Asep Rohaendi atau lebih dikenal Asro mengatakan bahan baku untuk pembuatan cangkul ini masih impor dari Korea Selatan namun demikian, perajin di Cibatu ini juga ada yang memanfaatkan drum bekas untuk diolah menjadi alat pertanian ini.

Sebagai informasi, perbandingan harga antara cangkul buatan Sukabumi dan China memang harga cangkul dari China jauh lebih murah bahkan, produksinya bisa massal. Maka dari itu, dengan kendatangan Menkop UKM ke Sukabumi ini bisa menjadi solusi bagi perajin cangkul di Kabpaten Sukabumi mulai dari penyediaan bahan baku, pemasaran hingga penguatan modal usaha. *[ MP ] ??