Siapa Sosok Dibalik Kesuksesan Mendikbud Nadiem Makarim?

Siapa Sosok Dibalik Kesuksesan Mendikbud Nadiem Makarim?

SINARBANTEN.COM, Serang – Ada pepatah mengatakan, “Dibalik keberhasilan suami, ada istri yang setia mendukungnya”. Namun siapakah sosok Istri Nadiem Makarim yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang selalu setia berjuang bersamanya?

Ya, dia adalah Franka Franklin yang saat menghadiri pelantikan Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maruf periode 2019-2024 tampil mempesona dan selalu tersenyum ramah kepada semua orang.

Berikut kami paparkan biodata lengkap dari istri pendiri Gojek tersebut.

  • Pernah Menempuh Pendidikan di Luar Negeri

Menurut data dari Linkedin, Franka Franklin merupakan lulusan dari Fashion Raffles Design Institue dan Norhbumbria University, Belanda.

  • Karier

Tahun 2007, ia kembali ke Indonesia dan bergabung dengan sebuah agensi branding ternama.

Franka Franklin juga sempat bergabung dengan gerakan pendidikan sosial Indonesia Mengajar yang dipopulerkan Anies Baswedan.

Di sana, Franka Franklin bergabung sebagai Spesialis Komunikasi Strategis tahun 2010.

Catatan karir seorang Franka Franklin pun cukup cemerlang.

Franka Franklin kini diketahui menjabat sebagai Co-Owner dari Tulola Designs dan pernah menjadi Vice President Merchandising & Business Development di Berrybenka.com selama 3 tahun.

Franka Franklin bahkan juga pernah menjadi Brand Marketing & Communications Manager di Time International selama satu tahun.

  • Chief Marketing Officer Branding Kosmetik

Bahkan, di usianya yang belum genap 30 tahun, Franka juga sempat menjabat sebagai Chief Marketing Officer (CMO) di sebuah ritel e commerce kosmetik di Indonesia.

Dilansir Swa.co.id, kini, perempuan cantik yang banyak memiliki teman sosialita itu sedang fokus menjalani pekerjaannya sebagai Vice President (VP) merchandising dan pengembangan bisnis sebuah perusahaan fashion online ternama yang juga bekerja sama dengan para brand lokal.

  • Gabung Yayasan Sosial

Selanjutnya, tak mau menjadi pribadi yang hanya mementingkan diri sendiri, ia pun bergabung dengan gerakan pendidikan sosial Indonesia Mengajar sebagai Spesialis Komunikasi Strategis di 2010.

“Waktu itu saya datang sendiri tanpa diminta, saya tawarkan diri untuk kontribusi. Purely, I want to give back to Indonesia,” ungkap Franka dilansir Swa.co.id.

Ia ditugaskan untuk mencari orang-orang yang ditargetkan bergabung dalam gerakan itu, misalnya calon pengajar dan sponsor.

Kariernya pun menanjak saat ia bergabung dengan Kanmo Retail Group tahun 2011 sebagai Manajer Grup Digital dan E-commerce. Ia bertanggung jawab menangani Dept. Digital yang baru dibentuk.

“Dunia digital adalah hal baru bagi saya. Tapi tetap saya ambil, dan ini adalah keputusan terbaik selama karier saya. Kami membangun semua dari awal. Kami orang di toko,” ia menjelaskan. Nampaknya, lompatan besar ini pula yang akhirnya mengantarkan Franka ke posisinya sebagai CMO Luxola Indonesia sekarang.

  • Menikah di Bali

Sukses dengan dunianya, Franka melengkapi hidupnya dengan menerima pinangan Nadiem Makarim 2014 silam. Mereka menikah di pulau romantis dan dijuluki pulau dewata, Pulau Bali. *[ HGR ] 🙏🙏