Pemprov Banten Siapkan Bantuan Benih Padi Ke Petani Untuk Luas Lahan 24.000 Hektar

SINARBANTEN.COM, Serang – Mendekati musim tanam padi, Pemprov Banten sudah menyiapkan bantuan benih bagi para petani di sejumlah daerah dengan luas tanam puluhan ribu hektare.

Agus M Tauchid, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten  mengungkapkan, salah satu yang dipersiapkan untuk menghadapi musim tanam awal musim hujan tahun 2019 dengan  menyiapkan persediaan benih yang sudah didroping dan sebagian masih dalam proses pendistribusian baik dari pemprov maupun bantuan dari pusat.

“Penyaluran bantuan benih padi dari pusat itu perhitungannya untuk luasan sekitar 28 ribu hektare. Belum lagi dari pemprov sekitar untuk luasan 24 ribu hektare. Bantuan benih dari pusat untuk Kabupaten Lebak sekitar 5 ribu hektare, Pandeglang 5 ribu hektare, Kabupaten Serang 15 ribu dan Kota Serang 3 ribu hektare, “jelas Agus, Senin (14/10/2019).

Agus memaparkan, bantuan benih untuk padi lahan kering dan tadah hujan pada padi gogo dari Pemprov Banten yakni disalurkan untuk Kabupaten Lebak sekitar 7.450 hektare, Kabupaten Pandeglang 9.480 hektare, Kabupaten Serang 6.730 hektare dan Kota Serang 340 hektare.

“Penentuan calon petani dan calon lahannya (CPCL)-nya merupakan usulan dari kelompok tani didampingi penyuluh dan babinsa. Kemudian direkap di kecamatan, diusulkan ke kabupaten/kota, lanjut ke provinsi dan ada juga yang ke pusat,” terangnya. *[ MP ] 🙏🙏