Kantor Bahasa Kemendikbud Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia Kepada Wartawan di Cilegon

SINARBANTEN.COM, Cilegon – Kantor Bahasa Banten Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan penyuluhan Bahasa Indonesia kepada para wartawan dari berbagai media massa di Kota Cilegon yang berlangsung dari 17 sampai dengan 19 September di Kota Cilegon.

Sebanyak 30 orang lebih wartawan mengikuti penyuluhan ini. Tujuan penyuluhan Bahasa Indonesia adalah agar peserta mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia oleh media massa, “jelas Rukmini sebagai Ketua panitia penyelenggara, Kamis (19/9/2019).

Rukmini menambahkan, Selain itu peserta juga diharapkan mampu meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap berbahasa Indonesia yang baik dan benar melalui tulisan di media. “Jadi ketika tulisan sudah baik, maka sikap positif masyarakat juga diharapkan akan baik. Selama ini masyarakat kita lebih bangga dengan bahasa asing,” katanya.

Kantor Bahasa Banten berharap, lanjutnya, peserta dapat menjadi figur atau panutan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui tulisan. “Melalui tulisan itu kalau media cetak, kalau radio kan pemberitaannya melalui penyiarnya,” kata Rukmini.

Selain itu menurutnya, yang terpenting bagi peserta adalah mampu menjadi agen perubahan pemartabatan bahasa negara.

“Itu yang terpenting tujuan dari Kantor bahasa adalah peserta bisa menjadi agen perubahan pemartabatan bahasa negara, baik dimedia masa maupun diruang-ruang publik, serta di sekolah-sekolah, ” ujarnya.

Sebagai informasi, penyuluhan Bahasa Indonesia bagi media massa tersebut selain di Kota Cilegon, juga telah dilaksanakan di Kabupaten Serang dan Pandeglang. Tahun ini dilaksanakan di empat kabupaten-kota. Bulan depan direncanakan di Kota Tangerang. *[ HGR ] ??