PMI Banten Berikan Bantuan Kepada Warga Baduy Yang Terkena Musibah Kebakaran

SINARBANTEN.COM, Lebak – Akibat kebakaran yang terjadi pada Kamis (12/09/2019) lalu sekitar pukul 13.30-17.00 WIB di Kampung Kadu Gede, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten sangat membekas di hati segenap masyarakat Baduy.

Diduga penyebab kebakaran berasal dari Tungku milik salah satu warga Baduy Luar bernama Arifin yang saat itu ditinggal pergi berkebun. Kurang lebih 50 rumah yang dihuni sekira 168 jiwa terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Menyikapi hal tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menurunkan bantuan ke lokasi, kebakaran di Kampung Kadu Gede, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten.

Wakil Ketua PMI Provinsi Banten Suparman didampingi Pengurus dan relawan PMI Kabupaten Lebak memberikan langsung bantuan itu. Bantuan berupa hygiene kit, family kit, terpaulin, sarung, dan mukena. Masing-masing berjumlah 35 paket.

“Kita dengan masyarakat Baduy adalah keluarga. Jadi duka warga Baduya adalah duka kita semua, maka semua pihak harus turun membantu untuk meringankan seluruh korban kebakaran,” kata Suparman, Selasa (17/9/2019).

PMI Banten,maupun PMI Kabupaten/Kota, jelas Suparman, sebagai bagian dari organisasi sosial kemanusiaan yang diberi amanat undang-undang, turut menerima sumbangan atau donasi untuk para korban kebakaran di Baduy Luar.

“Bantuan yang kami berikan sementara ini dari internal organisasi. PMI Kabupaten/Kota juga menerima dan menghimpun, untuk kemudian disalurkan kepada para korban,” ujar legislator dari Partai Golkar ini. *[ ZT ] ??