ISTRI WALIKOTA SERANG: Orangtua Harus Mengetahui Batasan Penggunaan Gadget Pada Anak

SINARBANTEN.COM, Serang – Di sela acara pertemuan rutin PKK dan santunan anak yatim di Gedung PKK Kota Serang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Serang Ade Jumaiyah Syafrudin mengatakan bahwa sudah menjadi rahasia umum anak-anak di Indonesia kecanduan menggunakan gadget. Hal tersebut merupakan salah satu dari dampak negatif pada perkembangan anak usia dini.

“Sudah saatnya orang tua harus mengetahui batasan penggunaan gadget pada anak. Jangan sampai gara-gara asyik main handpone atau gadget anak jadi lupa belajar,” katanya, Senin (16/9/2019).

Ade menjelaskan, gadget seperti telepon genggam, laptop, komputer tablet, smarphone dan sejenisnya hanyalah sebuah alat. Orang tua harus bisa mengendalikan pemakaian perangkat elektronik itu hanya untuk kepentingan otak anak.

Jangan sampai nyuruh anaknya gak main HP tapi dianya sendiri sibuk main HP saja,” kata Ade.

Istri Walikota Serang Syafrudin ini mengatakan, orang tua harus memberi contoh kepada anak-anaknya. Harus bisa menjadi pendidik anak-anak sejak di dini dari lingkungan dalam keluarga.

“Artinya pola asuh orang tua kepada anak itu yang sangat mempengaruhi perkembangan anak-anaknya,” ujar Ade.

Orang tua, tambah Ade, harus menekankan pentingnya pendidikan akhlak dalam keluarga. Menjadi tempat anak menyurahkan isi hati anak sehingga anak tidak mencari pelampiasan di luar rumah. Pengawasan juga perlu terhadap pergaulan anak. Tapi jangan sampai anak merasa di kekang,” cetusnya.

Menurutnya anak adalah usia emas yang perlu mendapat pendidikan terbaik. Sebab, masa depan anak sangat bergantung dari cara orang tua memberikan pendidikan.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Tim Pegggerak PKK Kota Serang Ana Mardiana Subadri. Menurutnya, pola asuh orang tua bakal menjadi kunci keberhasilan anak. “orang tua harus memperhatikan setiap tahap perkembangan anak,” tutupnya. *[ AS ] ??