GUBERNUR SUMSEL: Indonesia Punya Banyak Bibit Pesepakbola, Tapi Belum Terseleksi

SINARBANTEN.COM, Musi Banyuasin – Pada Senin (26/8/2019) Liga Desa Nusantara (LDN) Final Seri Provinsi Sumsel 2019 di lapangan bolakaki Sungai Medak Kec. Banyung Lencir Kab.Musi Banyuasin dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru

Dalam sambutannya, Deru mengaku bangga, dan dirinya secara khusus kemilih Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) untuk menjadi tuan rumah LDN Final seri Provinsi.

LDN Final seri ini juga merupakan momentum untuk mencari bibit pesepakbola yang berprestasi, sehingga dapat dibina ke jenjang yang lebih tinggi.

“LDN yang diawali di Kabupaten Pali sebelumnya, merupakan proses pertandingan yang melibatkan langsung pemuda desa. Semua sangat menggemari sepak bola,” paparnya, dikutip dari laman Kemendagri, Senin (26/8/2019).

Pemprov Sumsel tidak tinggal diam dalam menggalakan sepakbola sebagai olahraga masyarakat. Oleh karena itu, dia menyambut baik turnamen ini diselenggarakan secara berjenjang mulai dari Kabupaten/kota hingga ke tingkat Provinsi.

LDN merupakan salah satu dari empat program prioritas Kementerian Desa PDTT sebagai wadah bagi generasi muda dalam mengembangkan bakat dan potensi.

“Pemprov Sumsel mencari bibit-bibit pesepak bola. Ada sekitar 70.000 lebih desa di Indonesia. Namun apa sebab klub sepak bola kita selalu mentransfer pemain dari negara lain. Kita banyak bibit atlet unggulan hanya saja belum terseleksi,” ujarnya.

LDN tahun 2019 final Provinsi Sumsel ini merupakan salah satu pelaksana dari 18 provinsi penyelenggara kegiatan. Penyelenggaraan LDN Seri Kabupaten/kota diikuti 5 kabupaten antara lain Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Pali, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Musi Rawas, dan Kabupaten OKU Timur.

Adapun, Juara I tingkat Provinsi Sumsel akan diikutsertakan di Pertandingan Liga Desa Nusantara Tingkat Nasional di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur 23-27 September 2019 mendatang. *[ HH ] ??