Pemkot Serang Targetkan Pembangunan Banten Lama Selesai Tahun 2021

SINARBANTEN.COM, Serang – Usai melakukan kunjungan kerja (kunker) di KPW Banten Lama, Rabu (24/7), Walikota Serang Syafrudin mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menargetkan pembangunan kawasan penunjang wisata (KPW) Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, rampung tahun 2021.

“Rencananya pembangunan KPW Banten Lama akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahun 2019 ada 10 kegiatan pembangunan yang tengah dan akan dilaksanakan di lokasi tersebut dengan total anggaran Rp 34 miliar dari APBD Kota Serang,” jelas Syafrudin.

Kemudian Syafrudin memaparkan,
sepuluh kegiatan itu antara lain pembangunan lahan parkir seluas 6.000 meter persegi dengan kisaran anggaran Rp 1,3 miliar. Lalu ada pembangunan jalan utama dengan nilai anggaran Rp 8 miliar. Kemudian pematangan lahan senilai Rp 10 miliar. Selain itu, pembangunan kios untuk tahap kedua sebanyak 300 kios sebesar Rp 8,4 miliar. Kemudian pembangunan pedestrian, musala, toilet, air bersih, dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU).

“Total kurang lebih anggarannya mencapai Rp 42 miliar untuk tahun ini. Rp 42 miliar itu termasuk dana bantuan dari Pemprov Banten Rp 20 miliar,” kata Syafrudin.

Ia mengaku optimistis 10 kegiatan yang tengah dan akan dilaksanakan pada tahun 2019 dapat rampung pada akhir tahun ini. “Kita optimis lah. Kan semua OPD yang mengerjakan di sini. Jadi bukan PU aja, ada dishub, ada disperindagkop, dan ada perkim. Insya Allah selesai,” ucap dia.

Selain fokus pembangunan di zona KPW, lanjut Syafrudin, Pemkot Serang pun akan melakukan penataan infrastruktur di kawasan Banten Lama dan sekitarnya termasuk membangun Kali Sultan yang akan dilakukan oleh Satker Kementerian, di Karangantu.“Kemudian kita ke depan akan mengembangkan Pantai Gope itu kita akan tata,” jelasnya.

Kepala Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Yoyo Wicahyono menuturkan, pembangunan kios di KPW Banten Lama ada tiga tahap. “Tahap pertama 500 kios sudah jadi. Tahap kedua 300 kios akan dibangun tahun ini, dan tahap ketiga 200 kios untuk kuliner. Totalnya jadi 1.000 kios di KPW,” tutur Yoyo.

Kios di zona KPW diperuntukkan bagi pedagang-pedagang di sekitar Banten Lama, ungkap Yoyo.

“Pedagang yang ada di pedagang Banten Lama saja yang sudah exciting di dalam diprioritaskan. Untuk penempatan pedagang yang menghuni 500 kios sudah, namun pihaknya terkendala proses pembangunan KPW yang belum selesai. Sehingga wisatawan belum semuanya masuk ke zona KPW, “pungkas Yoyo. *[ AhS ] ??