10 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

SINARBANTEN.COM, Serang – Air putih bermanfaat untuk menjaga sistem yang ada di dalam tubuh. Idealnya manusia minum dua liter air setiap harinya untuk memenuhi cairan di dalam tubuh. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat air putih yang harus kamu ketahui yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber oleh Tim Sinar Banten.

1. Baik Untuk Pencernaan

Air berperan untuk menolong sistem pencernaan makanan menjadi lebih baik. Kurangnya mengonsumsi air dapat menyebabkan sembelit. Selain itu air juga membantu makanan yang telah dicerna masuk ke dalam usus.

Kamu dapat minum air putih hangat untuk mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan air hangat dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.

2. Kulit Menjadi Sehat

Mengonsumsi air putih saat perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit yang dapat membuat kulit lebih bersinar. Air juga dapat membantu mengeluarkan racun di tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme

Jika perut kosong diisi dengan air putih, tubuh akan meningkatkan metabolisme kurang lebih 24 persen. Tingkat metabolisme yang meningkat, juga membantu sistem pencernaan yang lebih baik. Hal ini sangat bagus bagi kamu yang sedang menjalani diet agar nutrisi lebih cepat terserap ke dalam tubuh.

4. Menghilangkan Mual Ibu Hamil

Ibu hamil sering merasakan mual pada awal kehamilan. Kamu dapat menggunakan air hangat untuk membantu meredakan rasa mual yang terjadi.

5. Mengeluarkan Toksin di Dalam Tubuh

Manfaat air putih selanjutnya yaitu dapat mengeluarkan toksin. Makanan atau minuman yang kamu konsumsi akan menghasilkan toksin. Air putih dapat digunakan untuk membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut serta zat-zat lain yang ada di dalam tubuh. Toksin dan zat lain ini dikeluarkan lewat keringat atau urine dan tubuh dapat terhindar dari penyakit, salah satunya penyakit batu ginjal.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Air putih dapat membantu menjaga mulut tetap bersih. Air dapat membentuk saliva yang membantu mencerna makanan, serta menjaga mulut agar tetap lembab.

7. Menjaga Pertumbuhan Rambut

Dehidrasi dapat merusak pertumbuhan rambut. Dengan minum banyak mengonsumsi air dapat memberikan nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar.

Asupan air yang tidak cukup dapat membuat rambut rapuh dan tipis. Perbanyaklah mengonsumsi air, agar rambut kamu tetap terjaga pertumbuhannya.

8. Meredakan Batuk dan Pilek

Saat batuk dan pilek, kamu akan merasa tidak nyaman di dalam hidung dan juga tenggorokan. Batuk yang berdahak, membuat dahak akan memenuhi tenggorokan. Sementara pada saat pilek, hidung akan tersumbat dengan ingus.

Untuk dapat meredakan keduanya dengan menggunakan air putih hangat. Air hangat berperan sebagai antibiotik alami yang dapat melegakan hidung dan tenggorokan.

9. Mengurangi Rasa Lelah

Tubuh yang merasa lesu dan lelah, bisa jadi disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Kelelahan merupakan tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi. Kamu dapat mengatasinya dengan cara minum air putih tiga gelas, kemudian biarkan tubuh beristirahat sesaat.

10. Mencegah Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah kurangnya minum air. Air bertujuan untuk menyapu partikel makanan di dalam mulut dan mencegah bakteri penyebab bau mulut.

Dengan banyaknya manfaat air putih di atas, tidak ada alasan untuk tidak mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Menjaga kesehatan dengan banyak minum air merupakan cara gampang yang dapat kamu lakukan. *[ HGR ] ??