Masjid Al Imtizaj di Bandung Wadah Berkumpulnya Komunitas Tionghoa Muslim

SINARBANTEN.COM, Bandung – Kalau kita melihat desain arsitektur
Masjid Al Imtizaj, maka kita terasa berada di China. Karena masjid bergaya oriental yang berada di Bandung ini didesain dengan ala tiongkok.

Kebanyakan orang menyebut masjid bergaya Tiongkok di Bandung tersebut sebagai Masjid Lautze-2.

Masjid Al Imtizaj memiliki ciri khas oriental yang kental. Tentu saja dengan perpaduan dominan warna kuning, emas dan merah. Sementara atap masjid berbentuk lengkung.

Dalam arsitektur China, atap itu disebut atap pelana sejajar gavel. Nuansa Tiongkok semakin kental dengan adanya hiasan lampion berwarna merah terlihat bergelantungan di bagian luar dan dalam masjid.

Masjid ini diresmikan pada tanggal 6 Agustus 2010 dengan kapasitas 200 jamaah. Tujuannya untuk menyatukan komunitas-komunitas Tionghoa Muslim yang ada di kota Bandung.

Masjid Al-Imtizaj dulunya merupakan gudang dari salah satu pusat perbelanjaan di kota Bandung dan merupakan aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Lokasi masjid yang berada di pusat bisnis dan perdagangan cukup strategis bagi Muslim Tionghoa yang banyak berdagang di sekitar kawasan tersebut.

Pada saat bulan Ramadhan, sebagaimana masjid pada umumnya, juga diselenggarakan sholat tarawih, maupun buka puasa bersama. Jika traveler penasaran ingin berkunjung, datang saja ke Masjid Al Imtizaj yang beralamat di Jalan ABC No. 8 Banceuy, Bandung. *[ MP ] 🙏🙏