Meskipun Bergaji Rendah, Guru di Indonesia Sangat Dihormati

SINARBANTEN.COM, Inggris – Baru-baru ini, sebuah lembaga penelitian di Inggris bernama Varkey Foundation melakukan penelitian terkait gaji guru dengan rasa hormat para murid terhadap guru mereka. Sampel diambil dari 35 negara. (Januari 2018 – Pebruari 2019).

Ternyata hasilnya mengejutkan, bahwa meski gaji guru di Brasil dan di Indonesia per tahunnya hampir sama, namun rasa hormat yang mereka dapatkan sangat berbeda.

Varkey Foundation melakukan survei terhadap seribu orang di masing-masing negara, dan pertanyaan yang diajukan adalah seputar pandangan mereka mengenai guru termasuk seberapa terhormatnya profesi tersebut dan apakah responden akan mendorong anak-anak mereka untuk menjadi guru.

Gaji guru di Brasil dan Indonesia, setiap tahunnya hampir sama yaitu sekitar $US 12,993 di Brasil (sekitar Rp 180 juta) setahun dan di Indonesia $US 14.408 (sekitar Rp 200 juta).

Tetapi rasa hormat terhadap guru di Brasil paling rendah, dengan hanya 1 persen responden mengatakan posisi ini dihormati.

Sementara Indonesia menduduki peringkat kelima dengan indeks 62,1 persen.

Penghormatan tertinggi adalah bagi para guru di China, dimana 100 persen mereka yang disurvei mengagangap profesi ini penting.

Perlu diketahui, gaji guru rata-rata di China per tahunnya adalah $US 12.210.

Gaji guru paling tinggi di dunia adalah di Swiss yaitu sekitar $US 77.491 (sekitar Rp 1,1 miliar) setiap tahunnya namun dari sisi penghormatan hanya berada di tengah-tengah. Dalam penelitian ini Australia tidak dilibatkan.

Gaji guru paling rendah dari negara yang disurvei adalah Mesir, Uganda dan Rusia.

Sebagai informasi, Varkey Foundation merupakan Institut Penelitian Sosial dan Ekonomi dan juga lembaga nir laba di Inggris yang membuat penghargaan bernama Penghargaan Guru Dunia.
*[ SM ] ??