BUPATI TANGERANG: Hingga Idul Fitri Persediaan Sembako Mencukupi

SINARBANTEN.COM, Tangerang – usai rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di pendopo Bupati Tangerang, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, warga tidak usah khawatir lantaran pengawasan terus dilakukan untuk memastikan pihak distributor dan agen tidak melakukan penimbunan pangan untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

“Dari hasil pemantauan tim teknis dilapangan kebutuhan sembilan bahan pokok untuk lebaran masih aman dan lancar, stok dan pasokan tersimpan di gudang milik Bulog dan distributor,” jelasnya, Rabu (22/5/2019).

Pemantauan harga tidak hanya dilakukan menjelang Lebaran semata, ungkap Zaki, tapi sudah terjadwal dengan baik di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Kegiatan rutin, namun kegiatan ini makin intensif semenjak sebelum ramadhan hingga lebaran, meski kegiatan ini merupakan kegiatan mingguan dari dinas terkait.

Zaki memaparkan, kebutuhan pokok untuk jenis gula pasir, beras dan minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya masih mencukupi hingga Desember mendatang, namun jelang lebaran biasanya ada sentimen pasar yang menyebabkan kenaikan harga di jenis-jenis tertentu.

“Beras, minyak goreng dan gula putih serta tepung terigu dan daging, selalu mengalami kenaikan harga jelang lebaran, karena ini memang terjadi sentimen pasar akibat tingginya permintaan masyaraka,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kabupaten Tangerang, Teddi Suwardi mengatakan, pihaknya terus melakukan optimalisasi terkait pasokan dan stok kebutuhan bahan pokok ini, bahkan operasi pasar murah juga dilakukan. “Operasi pasar murah bagian dari intervensi pasar, kita melakukan di beberapa kecamatan diantaranya kecamatan kresek dan Cikupa,” ujarnya.

Teddi menambahkan, sejumlah bahan pokok di pada ramadhan minggu kedua masih normal, bahkan cenderung turun untuk komoditas tertentu, seperti bawang putih dan sayur sayuran. “Bawang putih sempat naik kini berangsur turun, setelah pemerintah mengintervensi pasar dan menyediakan stok yang cukup,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memastikan stok pangan dan sejumlah bahan pokok aman hingga Lebaran mendatang. Tak hanya stok, harga juga menjadi pantauan Pemkab Tangerang.Meski terjadi kenaikan namun tidak signifikan. Sebab, kenaikan harga barang tak dapat dielakkan karena tetap terjadi. *[ ZT ] ??