Pemprov Banten Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

SINARBANTEN.COM, Serang – Mendekati hari raya idul Fitri, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten perlu melakukan upaya antisipasi terjadinya lonjakan inflasi. Mengingat, adanya kenaikan sejumlah bahan pangan sejak memasuki Bulan Ramadan sehingga dikhawatirkan akan berlanjut hingga Idul Fitri mendatang dan berdampak pada nilai inflasi bulan Mei 2019.

Selanjutnya Wahidin menjelaskan, Pemprov sudah siapkan langkah-langkah pencegahan agar itu bisa kita tekan. Tapi memang setiap momen Ramadan dan Idul Fitri selalu ada kenaikan inflasi secara nasional karena ada kenaikan harga pada sejumlah bahan pangan, hanya kita upayakan agar tidak terlampau tinggi.

“Pemprov Banten telah melakukan sejumlah upaya untuk menekan inflasi dengan melakukan intervensi terhadap beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga di pasaran. Seperti yang terjadi pada komoditas bawang putih, Pemprov langsung melakukan intervensi dengan menyuplai bawang putih dan mensyaratkan para penjual memasang harga yang telah ditentukan, “ungkap Wahidin.

Sementara itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Banten menyelenggarakan rapat koordinasi bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID) tahun 2019 di Kantor Disperindag Banten, KP3B, Curug, Kota Serang. Rapat tersebut dihadiri Kepala Disperindag Banten, Kepala Dishub Banten, Kepala Diskominfo Banten, BPS Provinsi Banten, Disperindag kabupaten/kota dan lain sebagainya.

Dalam rapat, Kepala Disperindag Provinsi Banten Babar Suharso mengatakan bahwa inflasi tinggi disebabkan terjadinya fluktuasi harga bahan pokok dan adanya gap harga grosis ke pengecer yang signifikan. Hal tersebut harus terus dikawal agar tidak berdampak pada stabilitas harga.

“Padahal sebenarnya stok banyak, tapi bisa saja mahal. Karena ada momentum-momentum tertentu untuk mereka menaikkan harga dan jadi harga psikologis. Nah ini harus kita redam,” terang Babar.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Banten Bambang Widjonarko mengatakan, terhitung bulan April 2019, harga barang-barang/jasa kebutuhan pokok masyarakat di Banten secara umum mengalami kenaikan. Hal ini terlihat dari adanya perubahan angka Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 143,81 pada bulan Maret menjadi 144,48 pada bulan April atau terjadi perubahan indeks (inflasi) sebesar 0,46 persen.

Enam dari tujuh kelompok pengeluaran yang ada mengalami kenaikan indeks, yaitu berturut-turut: kelompok bahan makanan mengalami kenaikan indeks sebesar 1,84 persen, kelompok kesehatan naik sebesar 0,17 persen, kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan naik sebesar 0,14 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik sebesar 0,12 persen, kelompok sandang naik sebesar 0,04 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau naik sebesar 0,02 persen sedangkan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami penurunan sebesar -0,03 persen.

“Komoditas yang dominan menyumbang inflasi pada bulan April ini adalah bawang merah, bawang putih, telur ayam ras, cabe merah, angkutan udara dan kembung,” papar Bambang.

Untuk tahun ini, lanjutnya, memang perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengantisipasi tingginya inflasi. Karena, bulan ramadhan tahun lalu inflasi relatif bisa terkendali karena komoditas tidak mengalami lonjakan signifikan. Pada 2019 ini, sebelum bulan ramadhan kenaikan harga komoditas sudah terjadi dan kini mulai stabil dengan adanya intervensi pemerintah. *[ MP ] ??