Metode Mengajar Guru Harus Dirubah di Era Revolusi Industri 4.0

SINARBANTEN.COM, Serang – Dalam Seminar Nasional Hari Pendidikan Nasional dengan tema โ€œPeran tenaga pendidik dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0โ€, Pengembangan Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Zulfikri Anas mengatakan, peranan guru tidak akan pernah tergantikan oleh apapun, karena ruang kerja guru berada di alam pikiran dan hati nurani manusia.

“Dengan situasi saat ini yakni di era revolusi industri 4.0, guru harus mengubah pola pembelajarannya, “jelasnya sebagai pemateri di Aula Serbaguna Kampus C Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Selasa (30/4/2019).

Guru lebih mendorong anak untuk berpikir lebih strategis, urai Zulkifli, sehingga dapat memahami persoalan-persoalan yang dihadapinya. Serta memotivasi anak untuk menemukan potensi diri, karena setiap manusia itu memiliki keunikan.

Selain itu, ia mengatakan, dalam proses pembelajaran menggunakan media digital silakan saja, tapi jika di dalam kelas menggunakan telepon genggam untuk kepentingan diri sendiri itu tidak boleh.

โ€œGuru harus menempatkan posisinya di dalam kelas, jangan sampai berada di dalam kelas tapi malah sibuk dengan telepon genggamnya itu yang tidak boleh, kalau sebagai media pembelajaran silakan,โ€ ujarnya. *[ IP ] ๐Ÿ™๐Ÿ™