45 Eks Napi Dapat Pelatihan Keterampilan dari Dinsos Tangerang

SINARBANTEN.COM, Tangerang – Kepala Dinsos Kabupaten Tangerang, Arsyad Husein di Tangerang Mengatakan saat ini kami melakukan pembinaan terhadap 45 mantan narapidana yang selama ini mendekam di Rutan Jambe untuk diberikan ketrampilan.

Tujuan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang, Banten melakukan pembinaan terhadap mereka adalah agar mereka dapat hidup mandiri maka perlu modal keahlian sehingga tidak dikucilkan warga.

“Mantan narapidana itu dibawa ke Bandung, Jawa Barat dan mengunjungi kampung bekas tahanan, mereka dapat hidup membaur dengan warga sekitar. Para mantan narapidana itu juga dibekali keterampilan agar dapat membuka usaha bengkel, “ungkapnya, Rabu (24/4/2019).

Pihaknya memberikan kompresor angin dan peralatan penunjang lain seperti aneka kunci, agar mereka dapat berusaha dan mandiri dalam ekonomi.

Dia menambahkan dalam pembinaan tersebut menggandeng sebuah yayasan yang peduli residivis dan narkoba.

Pembinaan juga terhadap mantan penguna narkoba, setelah lepas dari penjara dan berada di tengah warga, kebanyakan dikucilkan dari lingkungan. “Jika mereka punya keterampilan, maka dapat diandalkan sehingga perekonomian keluarga tidak mengalami kendala,” katanya.

Namun selama di Bandung, mereka diberikan motivasi untuk hidup dan dianjurkan menjadi tukang ojek daring, karena diantaranya banyak yang memiliki kendaraan roda dua dan punya SIM.

Upaya tersebut sejalan dengan program kampanye Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tahun 2019.

Perlu diketahui, tahun 2018 Dinsos Kabupaten Tangerang telah membina mantan narapidana wanita dengan memberikan keterampilan salon kecantikan, membuat kue dan tata rias pengantin. Tindakan tersebut merupakan salah satu dari 25 program unggulan Kabupaten Tangerang untuk menuntaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran. *[ YM ] ??