Gaet Generasi Muda, KPU dan Bawaslu Banten Gelar Pelatihan Komik Strip

SINARBANTEN.COM, Serang – Jelang Pemilu yang semakin dekat, KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara pemilu terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Provinsi Banten.

Adapun sosialisasi yang telah dilakukan oleh Bawaslu Banten adalah dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diminati generasi muda. Salah satunya, yaitu mengadakan Pelatihan Komik Strip Pengawasan Pemilu untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Masyarakat Umum akhir Maret 2019.

Koordinator Divisi Sosialisasi dan Publikasi Bawaslu Banten Sam’ani mengatakan, pihaknya membutuhkan sedikitnya 70 anak muda untuk mengikuti kegiatan pelatihan komik strip yang akan dilaksanakan 30-31 Maret 2019 di Kota Serang. Menurutnya, kegiatan itu menjadi bagian dari sosialisasi yang diharapkan bisa menumbuhkan partisipasi bagi kalangan milenial dalam isu pemilu dan pengawasan pemilu.

“Peserta nantinya akan diberikan pengetahuan umum tentang pemilu dan tugas pengawasan Bawaslu. Setelah itu, mereka akan diberikan pelatihan komik strip dan di akhir kegiatan akan diminta untuk membuat komik strip dengan tema Pengawasan Pemilu. Hasil karya peserta nantinya akan dijadikan bahan sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat oleh Bawaslu Banten,” kata Sam’ani, Rabu (13/3/2019).

Ia menambahkan, komik merupakan medium menarik yang bisa memberikan edukasi dalam bentuk yang lebih komunikatif, santai, serta kreatif. Pihaknya pun akan menggandeng Ozzy Esha, seorang freelancer dan ilustrator di Eastmon Online Pty Ltd Australia untuk memberikan pelatihan komik strip kepada anak muda di Banten.

“Kami datangkan langsung pakarnya, ia punya cukup pengalaman dalam ilustrasi gambar dan bisa memberikan bimbingan, trik, dan saran kepada peserta,” jelasnya.

Sam’ani menuturkan, pelatihan komik strip dikhususkan kepada pelajar dan mahasiswa sebanyak 50 orang. Sedangkan 20 orang lainnya perwakilan umum. Kendati demikian, para peserta yang ingin mengikuti kegiatan tersebut, harus menyerahkan karya ilustrasi gambar untuk diseleksi terlebih dahulu.

“Peserta pelatihan harus sudah punya basic (dasar) menggambar. Setelah kegiatan, mereka nanti diarahkan membuat komik strip yang layak dipublikasikan ke publik,” paparnya.

“Kenapa kami melakukan seleksi ketat? Sebab, 70 peserta akan menjadi duta Bawaslu Banten, yang diharapkan dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu 2019,” tambah Sam’ani.

Berdasarkan data Bawaslu Banten, hingga kemarin sudah ada sepuluh calon peserta yang mendaftar ke Bawaslu Banten. Adapun formulir pendaftaran bisa diakses melalui website Bawaslu Banten.

Enok Nurfaridoh Selaku staf Bawaslu Banten mengatakan, antusiasme masyarakat Banten cukup tinggi dengan kegiatan pelatihan komik strip. “Yang mendaftar sudah ada sekitar sepuluh orang, tapi yang mengambil formulir pendaftaran cukup banyak,” katanya.

Enok menambahkan, pendaftaran peserta pelatihan komik strip akan dibuka hingga 26 Maret mendatang.

“Kami berharap anak muda Banten yang hobi menggambar, memanfaatkan kesempatan langka ini dan menjadi duta Bawaslu. Sebab, sosialisasi dan pengawasan pemilu butuh melibatkan masyarakat termasuk kaum milenial,” ungkap Enok. *[ AA ] ??