Bupati Serang Tingkatkan Inovasi Dengan Memperpanjang MoU Dengan LAN

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berkomitmen terus meningkatkan inovasi pelayanan publik melalui organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah pemerintahannya, diantaranya memperpanjang nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

“Kami melakukan perpanjangan MoU karena melihat banyak hal positif yang terjadi setelah kerja sama dengan LAN dilakukan. Dari inovasi yg kami buat, terutama pelayanan dasar terhadap masyarakat,” kata Ratu Tatu Chasanah di sela-sela acara penandatanganan MoU dengan Kepala LAN RI Adi Suryanto di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Tatu mengatakan, Pemkab Serang sudah melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan pemerintah daerah. “Terkait pelayanan dasar, tingkat kepuasaan masyarakat cukup tinggi. Hal ini tidak lepas dari inovasi-inovasi yang kami buat atas bimbingan LAN. Inovasi ini akan terus kami lanjutkan, terutama pada pelayanan pendidikan dan kesehatan,” katanya.

Menurutnya, berkat bimbingan LAN, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Serang terlihat cukup baik. IPM Kabupaten Serang 2016 sebesar 65,12 poin, meningkat pada 2017 menjadi 65,60 poin atau mengalami peningkatan sebesar 0,48 poin. Peningkatan IPM tersebut terbesar ketiga setelah Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. “Semoga melalui MoU ini, kebijakan kami lebih baik lagi,” katanya.

Tatu menjelaskan, sebelumnya awal 2018, Pemkab Serang sudah melakukan MoU dengan LAN yang disertai dengan perjanjian tentang pelaksanaan Laboratorium Inovasi. “Atas kerja sama ini pula kami telah menghasilkan 54 inovasi yang berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Serang” katanya.

Menurut Tatu, lima tahapan Laboratorium Inovasi telah dilakukan Pemkab Serang, mulai dari drump up, diagnose, design, deliver, dan display. “Untuk tahap akhir display atau pameran telah dilakukan bersamaan dengan Serang Expo 2018 di Kecamatan Cikeusal,” katanya.

Atas keberhasilannya dalam menciptakan 54 inovasi, pada 2018 Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah telah mendapatkan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) Award dari LAN RI. Selain itu, Bupati Serang juga mendapatkan kesempatan dan kehormatan untuk mengikuti program Leaderpreneurship di Singapura.

Ratu Tatu Chasanah merupakan salah satu dari 20 bupati/wali kota yang diundang khusus untuk mengikuti program hasil kerja sama antara LAN dan Civil Service College (CSC)/Temasek Foundation Singapore. Program Leaderpreneurship yang didedikasikan untuk meningkatkan layanan publik, melengkapi layanan publik di masa depan, serta diharapkan mampu berinovasi dengan teknologi.

Kepala LAN RI Adi Suryanto mengatakan, kerja sama yang terjadi tidak sekadar MoU, tetapi juga menghasilkan karya besar di berbagai instansi pemerintah. “Karya dan inovais yang dibuat, diharapakan pula bisa banyak bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Perlu diketahui, selain dengan Pemkab Serang, LAN RI juga melakukan kerja sama dengan LIPI, BPOM, dan Kabupaten Aceh Tengah. *[ AM ] ??