DINKES LEBAK: Wabah DBD Sudah Menyebar Ke 10 Kecamatan

SINARBANTEN.COM, Lebak – Penyakit demam berdarah dengue (DBD), sudah mulai menyebar ke kabupaten Lebak, terlebih saat ini memasuki musim penghujan. Akibatnya, 10 kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, dinyatakan sebagai wilayah endemik.

Menanggapi hal ini, Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Firman Rahmutallah di Lebak, Sabtu (26/1), mengatakan penyebab penularan penyakit DBD itu akibat buruknya kebersihan lingkungan di masyarakat, sehingga berpotensi berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegepty.

Mereka kebanyakan warga yang terserang DBD itu tinggal di permukiman padat penduduk.

Penyebaran penyakit DBD sepanjang 2018 menurun drastis dibandingkan tahun 2016 hingga ratusan orang. “Kami hanya menerima beberapa orang saja yang positif terserang DBD,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya tidak henti-henti menyosialisasikan pencegahan penyakit DBD agar tidak menimbulkan kasus kejadian luar biasa (KLB). Penyebaran DBD itu akibat lingkungan yang tidak bersih sehingga berkembangbiaknya nyamuk pembawa virus DBD.

Karena itu, masyarakat harus berperan aktif untuk mengoptimalkan budaya gotong royong dengan melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan dan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Selain itu juga pemberian abatesasi untuk membunuh jentik-jentik nyamuk DBD. Sebab, tindakan pengasapan atau fogging dinilai belum efektif untuk memutus mata rantai penyebaran DBD.

“Saya yakin melalui PSN dan kebersihan lingkungan dapat mematikan jentik-jentik nyamuk, sehingga terbebas dari penyebaran penyakit yang bisa mematikan itu,” ujarnya menjelaskan.

Ia mengatakan, saat ini penyebaran DBD di Kabupaten Lebak relatif kecil karena tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan PSN cenderung meningkat.

Apalagi, sepanjang Januari 2019 curah hujan cukup tinggi dengan intensitas lebat, ringan dan sedang.

Biasanya, kata dia, curah hujan menimbulkan genangan-genangan yang tersedia air bersih di antaranya di tempat barang-barang bekas, bak mandi, kolam ikan, dan lainnya. “Umumnya, nyamuk DBD itu berkembang pada genangan air bersih itu,” jelasnya.

Sebagai informasi, kini daerah endemik penularan DBD di Lebak tersebar di 10 kecamatan antara lain Kecamatan Warunggunung, Rangkasbitung, Cibadak, Kalanganyar, Bayah, Sajira, Cipanas, Wanasalam, Malingping dan Banjarsari. *[ MP ] ??