SEKDA Pandeglang: Pupuk Subsidi Harus Tepat Sasaran

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Sekretaris daerah (Sekda) Pandeglang, Fery Hasanudin meminta Dinas Pertanian (Distan) agar merealisasikan penyaluran pupuk bersubsidi secara tepat sasaran kepada petani. Hal tersebut dilakukan pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan produksi pertanian demi tercapainya program ketahanan pangan.

“Kami minta instansi membidangi penyaluran dan penggunaan pupuk bersubsidi bagi para petani, realisasinya harus tepat sasaran. Ini penting untuk mendorong program ketahanan pangan,” kata Sekda Pandeglang, Fery Hasanudin saat membuka acara evaluasi pendampingan dan penyaluran pupuk dan pestisida Komisi Pengawasan Pupuk Pestisida (KP3) di Gedung PGRI Kelurahan Karaton, Jumat (21/12/2018).

Menurut Sekda, sekarang pemerintah sedang fokus dalam meningkatan produktivitas dan komoditas pertanian. Tujuannya yakni untuk mewujudkan ketahanan pangan sebagai fundamental menuju ketahanan nasional. Untuk itu, lanjut dia, perlu dukungan dan sinergitas bersama meliputi pembenahan prasarana dan sarana produksi sampai ketersediaan pupuk dan pestisida secara baik dan benar.

“Oleh karena itu, KP3 berfungsi sebagai wadah koordinasi pengawasan pupuk dan pestisida, guna semakin meningkatnya produksi pertanian dalam mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi Januardi mengatakan, dalam rangka upaya mendukung pencapaian sasaran produksi pertanian yang semakin meningkat, dinasnya terus memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana pertanian. Di antaranya melalui penyaluran pupuk bersubsidi untuk para petani. Selain itu, penggunaan pestisida juga menjadi perhatian bagi para petani dalam menangani serangan hama padi. Karenanya, penggunaan pestisida harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami terus menyosialisasikan program pupuk bersubsidi dan pestisida kepada para petani dan kelompok tani. Kami juga memonitoring kios pupuk resmi untuk memastikan agar penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran dan tepat jenis kepada para petani. Dengan program ini diharapkan meningkatkan produksi pertanian, sehinga menopang ketahanan pangan di Pandeglang,” ucapnya. *[ HGR ] ??