Pemkab Tangerang Programkan Gerakan Makan Ikan

SINARBANTEN.COM, Tangerang – Menurut data statistik Tingkat konsumsi ikan di kabupaten Tangerang sangat rendah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten secara gencar melakukan sosialisasi gerakan makan ikan kepada warga terutama dengan sasaran siswa di sekolah.

“Anak nelayan saja masih kurang makan ikan, ini persoalan yang dihadapi saat ini,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Herry Wibowo di Tangerang, Selasa (18/12/2018).

Herry mengatakan dari hasil kajian di lapangan terutama terhadap kehidupan warga pesisir, bahwa banyak anak nelayan yang kurang makan ikan.

Hal tersebut karena seluruh hasil tangkapan nelayan langsung dijual ke tempat pelelangan setempat untuk mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Padahal seharusnya, katanya, para nelayan dapat menyisihkan sebagian hasil tangkapan usai melaut untuk dapat dikonsumsi keluarga.

Menurut dia, dari data yang diperoleh dari instansi berwenang bahwa tingkat konsumsi ikan warga Kabupaten Tangerang tahun 2017 adalah 31,25 kg/kapita/tahun.

“Sedangkan secara keseluruhan tingkat konsumsi ikan di Provinsi Banten yakni 33,31 kg/kapita/tahun,” katanya menambahkan.

Dalam sosialisasi tersebut dengan sasaran anak sekolah dan warga yang berdomisili di kawasan pantai utara Kabupaten Tangerang.

Kepada orang tua yang memiliki anak usia sekolah diharapkan memberikan menu ikan sebagai konsumsi utama setiap hari agar tumbuh kembang anak sehat.

Demikian pula para guru supaya dapat memberikan pemahaman kepada anak didik, bahwa mengkonsumsi ikan setiap hari dapat mencerdaskan.

Dia berharap dalam sosialisasi gemar makan ikan dapat perhatian dan dukungan dari pihak berkepentingan lainnya karena manfaat makan ikan menjadi cerdas.

Kepada warga memiliki lahan yang lebih untuk dapat membuat kolam agar ikan yang dibudidayakan dapat dikonsumsi sendiri tanpa harus membeli ke pasar terdekat. * HY ] ??