Aktivis Pemuda se-Kecamatan Cilograng Bentuk GMPC

SINARBANTEN.COM, Lebak – Bertempat di Saung Pergerakan, Kampung Pasir Bodas, Desa Cikamunding, Puluhan pemuda dan mahasiswa se-Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak menggelar pertemuan untuk membahas terkait gerakan di wilayah setempat, Minggu (25/11/2018).

Adapun puluhan pemuda dan mahasiswa yang berkumpul tersebut berasal dari beberapa desa di Kecamatan Cilograng.

Hal ini dilakukan mengingat bahwa Cilograng merupakan wilayah kecamatan paling ujung di Kabupaten Lebak, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat.

Dari pertemuan yang dilakukan, dihasilkan keputusan untuk membuat sebuah wadah gerakan yang diberi nama GMPC (Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Cilograng).

Ketua terpilih GMPC Edi A. Nurjaman
menyatakan bahwa diperlukan gerak pemuda untuk menjadi agen perubahan, sosio kontrol, dan peka terhadap kondisi Selatan Banten yang secara objektif termasuk wilayah diskriminatif dari sektor pembangunan dan kesejahteraan.

“Dari kondisi inilah maka para pemuda dan mahasiswa sepakat menyatukan visi gerakan. Nama GMPC sudah menjadi kesepakatan bersama yang lain. Kata gerakan berarti organisasi ini senantiasa menghasilkan gerakan perubahan. Mahasiswa dan pemuda berarti yang berhimpun di organisasi ini adalah mereka yang berjiwa muda dan mempunyai pemikiran kritis transformatif,” uca Edi.

Di tempat yang sama, Rizwan Comrade selaku Wakil Ketua terpilih menyampaikan bahwa perlunya gerakan konseptual dan praktis menjadi senjata utama pemuda.

“Kedepan GMPC ini akan menjadi wadah refleksi, kritis, gerakan counter hegemoni kebijakan yang tidak pro terhadap warga selatan dan siap untuk berinovasi, khususnya ruang lingkup pemerintahan Kecamatan Cilograng,” katanya.

Ahmad Fauzi selaku Ketua Divisi Advokasi GMPC menyatakan sudah saatnya gerakan pemuda dan mahasiswa di Cilograng diaktifkan kembali sebagai upaya reaktualisasi gerakan.

“Karena nyatanya sudah lama kita passive. Pemuda harus jadi garda terdepan dalam mengontrol setiap kebijakan pemerintah yg tidak pro rakyat,” katanya.

Sebelum pertemuan berakhir, semua peserta yang hadir sepakat untuk menandatangani berita acara pembentukan GMPC yang sekaligus mengkaji issu terkini terkait kebijakan pemerintah setempat. *[ MP ] ??